oleh

Dugaan Kecurangan Test Pengadaan Perangkat Desa Glagahwangi Diadukan Ke DPRD

BOJONEGORO. Netpitu.com – Sekitar 8 Orang Warga Desa Glagahwangi Kecamatan Sugihwaras, Jumat )14/9) mendatangi Komisi A DPRD Bojonegoro. Mereka mengadukan dugaan adanya kecurangan dalam test pengisian perangkat Desa yang dilaksanakan Kamis (13/9/2018)..

Kedatangan 8 orang warga Desa Glagah wangi tersebut diterima oleh Anggota Komisi A Dony Bayu Setiawan dan Anam Warsito.

Menurut Dimas (25) salah satu peserta pengisian perangkat Desa Glagah Wangi, tingginya nilai mereka yang lulus dalam ujian itu sungguh tidak wajar.

Karena rata-rata yang lulus ujian perangkat Desa dengan nilai diatas 80 dari soal ujian 100 soal . Tak hanya itu, mereka yang lulus, adalah orang-orang yang dekat dengan Kepala desa Glagahwangi Haris Aburiyanto.

“Kami menduga  dalam ujian itu ada bocoran soal dalam ujian perangkat Desa tersebut,” ujar Dimas.

Lebih lanjut dikatakan Dimas, yang paling aneh dan janggal yaitu peserta yang bernama Yatini. Dia (Yatiji) lulus Kejar Paket C namun dalam ujian test perangkat memperoleh nilai 96.

Sedangkan rivalnya yang lulus S2 saja hanya dapat nilai 43.

“Yoyok Subagyo yang lulus Kasi Pemerintahan itu adiknya Kades Glagahwangi,” paparnya.

Sedangkan Menurut Wibowo (26), peserta ujian perangkat Desa yang gagal lulus test, dalam aduanya ke Komisi A,mempertanyakan pengadaan soal. Lantaran Tim Desa Glagahwangi hanya menggandeng Lembaga PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Mengajar) Kecamatan Purwosari.

“Apakah itu sudah mempunyai Standart Kompetensi yang jelas. Kalau memang hanya menggandebg PKBM di Sugihwaras juga ada PKBM yang lebih bagus. Gak usah jauh -jauh disini juga ada yang bagus,” ujar Wibowo..

Seperti diketahui  Desa Glagahwangi, Kamis 13/9) mengadakan test perangkat Desa, dengan membuka   4 (empat) lowongan perangkat Desa, Sekretaris Desa (Sekdes), Kepala dusun (Kasun), Kaur Pemerintahan (Kaur Pem) dan Kasi Perencanaan.

Dimana, untuk lowongan Sekdes diisi 16 peserta, Kasun 4 peserta, Kasipem 17 peserta dan Kasi Perencanaan sebanyak 12 peserta.

(dan)