oleh

Makam Wali Kidangan Ramai Peziarah di Bulan Suro

BOJONEGORO. Netpitu.com – Makam Wali Kidangan merupakan satu – satunya destinasi wisata religi yang berlokasi di Desa Sukorejo, Kecamatan Malo, Bojonegoro.

Makam salah satu penyebar agama Islam ini terletak di atas bukit Dusun Kidangan, sekitar 1,5 km dari arah jembatan Malo ke utara, tepatnya di Desa Sukorejo.

“Saat menuju makam ada sekitar 500 anak tangga yang harus didaki. Dari peziarah kami tidak memungut apapun meski situs makam itu diwilayah Perhutani,” ungkap Administratur Perhutani KPH Parengan Badarudin Amin saat dikonfirmasi netpitu.com, dikantornya, Jum’at, (14/09/2018)

Makam ini dipercaya sebagai makam seorang ulama besar dari Kesultanan Pajang yang bernama Syekh Mukodar atau dikenal juga dengan Wali Kidangan. Namun adapula yang menyebutnya Pangeran Kumbang Ali-ali dan sebagian masyarakat lain menyebutnya Narasoma.

Setiap hari makam ini tidak pernah sepi oleh peziarah yang berasal dari berbagai daerah terutama pada saat tahun baru Islam atau lebih dikenal dengan 1 Suro atau 1 Muharram.

(Dan)