oleh

Mabes TNI AD Kunjungi Tanaman Balsa dan Sengon di KPH Parengan

TUBAN. Netpitu.com – Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Parengan, Selasa, 14/09/2021, menerima Klkunjungan dari Mabes TNI Angakat Darat di lokasi penanaman tananam Balsa dan Sengon di Petak 12B Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Guwo terus Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Mulyoagung.

Hadir dalam acara tersebut Administratur KPH Parengan Setyo Salindra Putri, Administratur KPH Jatirogo Fajar Wicaksono, KPH Tuban Miswanto, Kepala Seksi Madya Pembinaan SDA dan Perhutanan Sosial,KPH Parengan, Didik Burhamnudin, Asisten Perhutani ( Asper) BKPH Mulyoagung.

Sementara itu dari TNI, hadir Ketua Tim Peniliaan, Pembina Satuan teritorial ( Binsartor) Kolonel Inf Pranito, Danrem 082 Citra Panca Yuda Jaya (CPYD) Kolonel Inf Dariyanto, Dandim Jember Letkol Inf La Ode ,Dandim 0811 Tuban, Letkol Inf Viliala Romadhon, beserta jajaran, Forpinka Kecamatan Singgahan.

Baca Juga :  Targetkan Nopember Rampung, Proyek Pelebaran Jalan Nasional Bojonegoro - Balen Dikebut

Dalam kesempatan,ini Adminstartur KPH Parengan Srtyo Salindra Putri mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Kodim 0811 Tuban dan Kodam Brawijaya atas kunjunganya di petak 12b RPH Guwoterus BKPH Mulyoagung, yang merupakan lokasi kerjasama tanaman Sengon dan Balsa antara Perhutani KPH Parengan , LMDH Wana Lestari dan PT. Aviland Riva Ranch yang dimotori oleh Kodim 0811 Tuban.

Menurut Adm. KPH Parengan, pertumbuhan tanaman yang dikerjasamakan tersebut sangat bagus dan diharapkan akan terus berkelanjutan.

Baca Juga :  Digugat Karyawan, Inilah Putusan Pengadilan Niaga Surabaya Soal GDK Bojonegoro

“Selama ini kami menanam jati selalu gagal walaupun selalu mananam dan menanam tapi selalu mati atau dimatikan oleh masyarakat setempat. Kerjasama tanaman Sengon dan Balsa ini tidak membutuhkan daur yang lama, minimal 4 tahun sudah bisa di panen sehingga bisa bermanfaat untuk masyarakat, lingkungan, dan institusi,” ujar Salindri.

Kerjasama ini, lanjut Salindri, diharapkan dapat berkelanjutan dan keluasannya bertambah serta dapat berkembang juga di KPH lainnya. “Sehingga kedepannya hutan di Kabupaten Tuban ini menjadi Hijau,” pungkas Salindri.

Sementara itu Camat Singgahan Gaguk Hariyanto mengatakan dengan adanya reboisasi yang dimotori oleh Dandim 0811 Tuban merupakan solusi kebutuhan akan air bagi masyarakat saat musim kemarau dan mencegah banjir saat musim hujan,” ungkapnya.

Baca Juga :  Pawas PPKM Kodam V/Brawijaya Kunjungi Tempat Isolasi Terpadu Bojonegoro

Di pihak TNI, Kolonel Inf. Pranito selaku Ketua Tim Binsartor menyatakan bahwa kodim 0811 Tuban merupakan salah satu Kodim yang terbaik di wilayah Pangdam V Brawijaya.

Lebih jauh dikatakan oleh Kolonel Inf. Pranito, tujuan peniliaan ini untuk mengetahui karya apa yang sudah diberikan oleh Kodim 0811 yang bermanfaat bagi lingkungan. Dalam hal ini reboisasi untuk memenuhi kebutuhan air masyarakat, menghijaukan hutan dan diharapkan program kerjasama ini terus berkelanjutan ,” kata Kolonel Inf. Pranito.

(*/Ags)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *