oleh

Pergoki Aksi Sulap Proyek Puluhan Milyar Rupiah, Wabup Bojonegoro Marah Besar

-BERITA-24 views

BOJONEGORO. Netpitu.com – Praktek sulap proyek tak sesuai bestek puluhan milyar rupiah di Bojonegoro dipergoki wakil bupati Bojonegoro, Budi Irawanto, saat lakukan Sidak lapangan di beberapa lokasi proyek.

Salah satunya proyek peningkatan jalan rigid beton di jalan Lettu Suyitno. Dalam sidaknya, Wabup menemukan bukti beton Hermes yang seharusnya dipasang secara utuh ternyata hanya disambung dengan kawat bendrat.

Mengetahui proyek milyaran rupiah yang dikerjakan asal jadi ini, Wabup pun berang kepada pelaksana proyek yang ada di lapangan. ASN dari dinas PU Bina Marga dan konsultan pengawas pun juga tak luput dari kemarahan Wabup, Budi Irawanto.

Masa waktu kontrak pekerjaan proyek yang hampir berakhir membuat Wabup ketir – ketir. Lantaran jika sudah kepepet waktu kontrak selesai, biasanya pelaksana proyek pun menggunakan jurus mabuk. Proyek asal jadi tanpa mempertimbangkan kualitas pekerjaan proyek.

Baca Juga :  Bupati Bojonegoro Pergi Ke Luar Negeri Tak Kantongi Ijin Dari Gubernur

Sidak Wabup Budi Irawanto di lokasi proyek yang dilakukan pada Selasa, (14/12/2021) ini sempat divideokan dan viral di media sosial. Dalam rekaman video nampak Wabup Budi Irawanto menanyakan kepada pelaksana lapangan soal besi beton warmes yang dipasang namun tidak utuh dalam lembaran ukuran yang ditentukan dalam spek. Tetapi disambung dengan kawat beton.

Saat ditanyakan pada pelaksana lapangan, diakui adanya sambungan warmes tersebut. Anehnya, meski sempat ditegur Wabup, pekerjaan pengecoran masih tetap saja dilakukan tanpa mempedulikan peringatan Wabup Bojonegoro.

Diketahui melalui laman LPSE Kabupaten Bojonegoro, bahwa paket pekerjaan rehabilitasi jalan Lettu Suyitno ini dikerjakan/dimenangkan oleh CV Sartika yang beralamat  di jalan Pintu Gerbang 129, Kabupaten Pamekasan. Dengan biaya APBD Kabupaten Bojonegoro 2021, sebesar Rp. 12.264.500.000,00

Baca Juga :  Wawan Fals dan Keresahan Jiwa Wabup Bojonegoro

Melihat aksi sulap proyek asal jadi inipun Wabup Bojonegoro memberi peringatkan keras pada kontraktor pelaksana agar tidak sembarangan mengerjakan proyek yang didanai dengan uang rakyat ini. Karena jika kualitas pekerjaan proyek jelek maka rakyat dan negaralah yang dirugikan.

Usai Sidak proyek peningkatan jalan Lettu Suyitno, Wakil bupati (Wabup) Bojonegoro Drs H Budi Irawanto, M.Pd melanjutkan Inspeksi mendadaknya di proyek rehabilitasi Selogabus 1, yang menghubungkan Kab. Bojonegoro dan Tuban.

Di lokasi proyek ini pun Wabup Bojonegoro Budi Irawanto mengatakan sangat kecewa terhadap pihak pemenang lelang sebagai pelaksana kegiatan rehabilitasi jembatan Selogabus 1.

“Saya ke sini untuk menemui pihak pelaksana dan memastikan terkait kejadian ambrolnya tanah sekitar jembatan. Tapi tidak ada satu orang pun dari pihak CV pemenang yang berada di lokasi,”ujar Budi Irawanto.

Baca Juga :  Jamaah Haji Jatim Terbanyak Dari Bojonegoro

“Pemenang dan pelaksana pekerjaan ini kan CV Aditama, tapi yang nemui di lokasi pekerja dari PT UMB dari Tuban. Ini dinas PU juga sudah saya hubungi tapi tidak ada respon,”lanjut Wabup Budi Irawanto.

Di lokasi proyek, lanjut Budi Irawanto ia juga menemukan item pengerjaan pengecoran TPT yang hanya menggunakan alat manual. Dan kondisi pengerjaannya masih sangat semrawut.

Fakta lain yang ditemukan Wabup adalah tidak pernah adanya pihak konsultan proyek yang datang ke lokasi lapangan proyek.

Melihat kejadian ini Budi Irawanto sangat menyayangkan mayoritas proyek yang dibiayai APBD Kabupaten Bojonegoro tanpa adanya pengawasan baik dari konsultan maupun OPD yang membidangi.

(ro)