PKB Dan PDIP Bersaing Sengit Di Dapil IX

- Tim

Selasa, 15 Januari 2019 - 21:59

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Indoplling network paparkan hasil poling tingkat elektabilitas Parpol peserta Pemilu 2019, di Dapil IX, Bojonegoro - Tuban. Selasa. (15/1/2019), di Resto Kayu manis, Tuban.

Indoplling network paparkan hasil poling tingkat elektabilitas Parpol peserta Pemilu 2019, di Dapil IX, Bojonegoro - Tuban. Selasa. (15/1/2019), di Resto Kayu manis, Tuban.

TUBAN. Netpitu.com – Tiga bulan menjelang pelaksanaan Pileg dan Pilpres 2019, PKB terlihat masih unggul di Dapil Jatim IX. Hal tersebut terungkap dari paparan temuan hasil survey Indopolling Network pada diskusi bertajuk “Peta Elektoral Capres dan Parpol di Dapil Jatim IX Jelang Pemilu 2019” yang dilaksanakan di Resto Kayumanis, Tuban Jawa Timur. (15/01/2019)

Survey berlangsung di Dapil Jatim IX, pengambilan data dilakukan selama periode 11-21 Desember 2018. Penarikan sampel dilakukan dengan metode Multi Stage Random Sampling,

Adapun jumlah sampel dalam survei ini sebesar 880 responden pada tingkat kepercayaan 95% dan margin of error (MoE) sebesar + 3,2%.

Dewi Arum Nawangwungu (Direkrut Riset) Indopolling Network memaparkan, jika pileg dilaksanakan hari ini, hasil dari simulasi kertas suara PKB unggul dengan elektabilitas sebesar 23,0%.

Disusul oleh PDI Perjuangan (17,4%); Partai Golkar (7,4%); Partai Gerindra (5,3%); Partai Demokrat (3,3%), Partai Nasdem (1,9%); PPP (1,7%); Partai Perindo (1,6%); PAN(0,9%); PKS(0,8%).

Sementara PSI, Partai Berkarya dan Partai Garuda masing-masing 0,2%. PBB Berada di posisi paling buncit degan elektabilitas 0,1%. Sedangkan potensi pemilih yang belum menentukan pilihan (undecided voters) sebesar 35,9%.

Baca Juga :  PPP Kembali Calonkan Jokowi Pada Pilpres 2019

Yang menarik dari temuan peta elektoral partai di dapil IX Jatim adalah adanya pergeseran konfigurasi dukungan Partai dibandingkan perolehan suara pileg 2014.

Partai Demokrat yang pada hasil pileg 2014 berada di posisi runner up setelah PKB, saat ini dukungan terhadap Partai Demokrat tergerus dan terpental ke urutan kelima.

Sementara PDI Perjuangan yang pada pileg 2014 berada di posisi ketiga saat ini berhasil merebut posisi runner up menggusur Partai Demokrat.

Baca Juga :  Garap Persiapan Pilkada KPU Tuban Lantik 100 PPK

Berdasarkan peta perolehan suara Pileg 2014, enam partai teratas yang berhasil merebut kursi DPR RI secara berturut-turut adalah : PKB (22,0%); Partai Demokrat (16,4%); PDI Perjuangan (12,8%); Partai Golkar (10,6%); Partai Gerindra (12,0%) dan PAN (7,4%).

“Kejutan lainnya terkait dengan efek pencalegan Suyoto (Mantan Bupati Bojonegoro 2 periode) yang maju sebagai caleg DPR RI dari Partai Nasdem ternyata tidak mampu mendongkrak elektabilitas Partai Nasdem secara signifikan. Dari temuan survei, elektabilitas Partai nasdem hanya sebesar 1,9%,” ujar Arum.

(met)

Berita Terkait

Pengajuan Penetapan Nama Pada Ijazah Muk’awanah Tak Penuhi Norma Hukum Administrasi Kependudukan : Pengadilan Harusnya Menolak
Sikapi Pencoretan Caleg, DPC PPP Laporkan KPUD dan Bawaslu Kab. Bojonegoro ke DKPP
Sunaryo Abuma’in : LABH PPP Layani Pendampingan dan Bantuan Hukum Gratis Pada Masyarakat
PPP Maksimalkan Peran Saksi di Setiap TPS
Menangkan Pemilu 2024 DPC PPP Masivkan Konsolidasi, Sosialisai ke Kader di Tingkat Kecamatan dan Desa
Jum’at Hari Ini Bawaslu Gelar Sidang Pelanggaran Administrasi Pelaporan Anwar Sholeh
Bawaslu RI Gelar Sidang Laporan Anwar Sholeh, Soal Penetapan DCT DPR, Anna Mu’awanah
DPC PPP Bojonegoro Siap Menangkan Ganjar di Pilpres 2024