Gotong Royong Solusi Santri Atasi Masalah Pondok

- Team

Sabtu, 15 April 2017 - 04:26

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

<b>Heru Suroso</b>, salahsatu allumni pondok pesantren Al Falah, mengingatkan agar seluruh alumni tetap berkhidmah dan selalu menjaga hubungan dengan almamater dan para masyayih .

Heru Suroso, salahsatu allumni pondok pesantren Al Falah, mengingatkan agar seluruh alumni tetap berkhidmah dan selalu menjaga hubungan dengan almamater dan para masyayih .

Netizensatu.com – Sikap hidup bersama senasip sepenanggungan merupakan budaya melekat yang tak mudah dilepaskan dari kehidupan santri. Sikap ini yang Jum”at, (14/4 ) kemarin kembali dikukuhkan sejumlah alumni santri Pondok Pesantren Al Falah dalam agenda temu alumni di aula Ponpes Al Falah.

Seusai mengikuti prosesi haul ke 7 KH. Masyhudi Hasan, pengasuh Ponpes Al Falah, Desa Pacul, Bojonegoro, sejumlah alumnus santri Ponpes yang didirikan 1978 itu menggelar pertemuan yang membahas sekitar berbagai persoalan yang tengah dihadapi pondok.

Mulai dari penyelenggaraan haul hingga pembangunan gedung pondok yang mengalami penundaan realisasi pembangunannnya, padahal gedung lama sudah terlanjur dirobohkan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Dari uraian yang disampaikan Fathul Mubin, ketua panitia haul, tidak persoalan didalam penyelenggaran haul. Soal dana penyelengaraan haul sudah tercukupi bahkan terdapat kelebihan kas meskipun sedikit.

“ Semua dana yang dibutuhkan untuk haul sudah teratasi dan sumbangan yang masuk sudah bisa menutup semua kebutuhan, bahkan lebih sedikit,” terang Fathul Mubin, kepada alumnus yang hadir.

Baca Juga :  Hasil UNBK Tingkat MA Merata, Setiap MA Punya Keunggulan Jurusan

Iapun menceritakan bagaimana cara mendapatkan untuk mencukupi kebutuhan anggaran biaya penyelenggaraan lomba-lomba hingga puncak acara haul. Semuanya tak lepas dari peran santri yang merasa telah menjadi bagian keluarga pondok.

Sehingga setiap ada persoalan yang berkaitan dengan lembaga pondok juga menjadi persoalan mereka bersama, dan dengan ikhlas mereka turut terlibat untuk menyelesaikan persoalan tersebut.

Inilah kekuatan santri yang selama ini perannya belum dikelola maksimal oleh setiap pondok pesantren, ujar Heru Suroso, alumnus santri Ponpes Al Falah, dalam pertemua tersebut.

Menurut Heru Suroso, sebaiknya dalam penyelenggaraan acara haul kepanitiannya cukup diserahkan pada alumni santri sehingga para kiai pengasuh pondok tidak perlu turun tangan atau terjun ke lapangan untuk mencari dana pembiayaan dan kebuthan lainnya.

Baca Juga : Ratusan Undangan Banjiri Haul ke 7 KH. Masyhudi Hasan Ponpes Al Falah

Baca Juga :  Gerakan Ngaji dan Mengkaji Al Qur'an Cegah Intoleransi

“ Saya usul acara haul cukup penyelenggaraannya diserahkan kepada alumni santri,” ujar Heru Suroso. Mengingat kekompakan para alumnus santri Al Falah tentunya hal seperti ini tidaklah sulit untuk direalisasikan.

Juga berkenaan dengan kebutuhan pembangunan kembali gedung pondok yang terlanjur dirobohkan. Heru Suroso mengusulkan agar realisasi pembangunannya bisa dilakukan dengan melelang bantuan (sumbangan) kebutuhan yang ditawarkan kepada para alumni santri.

Karena jika hanya mengandalkan bantuan dari pemerintah tentunya hal itu akan sulit segera terwujud lantaran anggaran pemerintah saat sekarang tengah dalam pengetatan. Sebaliknya jika menunggu terlalu lama justru akan menggangu proses belajar mengajar di Pondok Pesantren.

Atas persoalan tersebut Heru Suroso pun mengusulkan pada pengasuh pondok agar pembangunan gedung ruang kelas pondok ditawarkan kepada alumni Ponpes Al Falah.

Baca Juga : Haul KH. Masyhudi Hasan pun Jadi Ajang Reuni Santri

Baca Juga :  Polisi Tak Beri Ijin "International Khilafah Forum 1438 H"

Semisal, kata Heru, santri bisa saja menanggung kebutuhan semen sekian sak atau kebutuhan besi tulang sekian batang, dan seterusnya. Hingga semua kebutuhan pembangunan terpenuhi tanpa mengandalkan bantuan dari pemerintah dan kiai pengasuh pondok tidak perlu turun gunung membawa proposal kesana-kemari.

Hal yang sama juga diungkapkan Khoirul Anam, alumnus santri Al Falah dari Kecamatan Ngasem, mengatakan jumlah alumni santri Al Falah yang tersebar di Kecamatan – kecamatan sangat banyak. Jika dihimpun dan dikelola dengan baik tentunya akan menjadi sumber kekuatan tersendiri bagi pondok.

Terlebih semua persoalan yang berkaitan dengan Pondok Pesantren itu juga menjadi bagian persoalan mereka. “ Hati para alumnus itu telah menyatu dengan pondok, jadi mereka tak terpisahkan,”ujar Khoirul Anam.

Jika semua otensi aumni pondok Al Falah dikelola tentunya segala permasalahan yang dihadapi pondok bisa teratasi dengan baik.

( Redaksi )

Berita Terkait

Kemenag Pending Bimbingan Calon Pengantin, Ada Apa ?
Terjun ke Dunia Politik, Giring ‘Nidji’ Syukuran di Rumahnya
Koramil Bubulan Garap 16 Jamban Keluarga Miskin
Polres Bojonegoro Punya Wakapolres dan Humas Baru
Malam Ini, Final Lomba Cerdas Cermat di Pendopo Kabupaten
Awas.! Terlibat Narkoba PNS dan Anggota DPRD Terancam Pecat
Kapolrespun Sowan Kiai
Hasil UNBK Tingkat MA Merata, Setiap MA Punya Keunggulan Jurusan

Berita Terkait

Kamis, 18 Juli 2024 - 18:57

Polres Tuban Bakal Panggil Anna Mu’awanah Terkait Dugaan Laporan Palsu Ke Polisi

Kamis, 13 Juni 2024 - 02:53

Job Fair SMKN 1 Bojonegoro Sukses Jaring 1.217 Orang Pelamar Kerja

Selasa, 11 Juni 2024 - 11:03

Job And Edu Fair SMKN 1 Diserbu Peminat Kerja Bojonegoro

Senin, 10 Juni 2024 - 13:16

Diikuti 44 Didu dan PT, SMKN 1 Bojonegoro Mulai 11 – 13 Juni Gelar Job Fair Untuk Umum

Selasa, 26 Maret 2024 - 11:09

Kemenag Bojonegoro Pastikan Kegiatan Belajar Mengajar di Madrasah Berjalan Normal

Sabtu, 23 Maret 2024 - 14:00

Kadal Ireng Bagikan 350 Takjil ke Masyarakat

Sabtu, 9 Maret 2024 - 21:31

Rayakan Annyversary ke 75, Persibo Dapat Hadiah Armada Bus Dari Sedulur Pitu

Jumat, 19 Januari 2024 - 11:25

Pengajuan Penetapan Nama Pada Ijazah Muk’awanah Tak Penuhi Norma Hukum Administrasi Kependudukan : Pengadilan Harusnya Menolak

Berita Terbaru

PILKADA 2024

Pilkada Bojonegoro : Memilih Pemimpin Atau Penguasa ( 1 )

Kamis, 20 Jun 2024 - 12:32