Bupati Huda Dorong Peningkatan Produksi Jagung di Tuban

- Team

Rabu, 15 Mei 2019 - 18:15

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

TUBAN. Netpitu.com – Selain Cabai Kecamatan Grabagan juga memiliki potensi tanaman hortikultura yang lain, seperti Jagung. Pengembangan dan budidaya tanaman jagung di Tuban harus dimaksimalkan mengingat kebutuhan pasar akan jagung dalam negeri yang masih kurang.

Hal tersebut diungkapkan oleh Bupati Tuban, H. Fathul Huda, saat melakukan safari Ramadhan di Kecamatan Grabagan, Tuban, Selasa (15/5/2019).

“Kementan telah memberi bantuan bibit jagung sebanyak 30 ribu ha untuk seluruh lahan garap jagung dengan luas 60 ribu. Bantuan bibit ini harus dibagi rata semua warga, yaitu masing-masing mendapat bibit untuk setengah hektar,” papar bupati pada netpitu.com.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Untuk mendukung upaya tersebut, perlu adanya alokasi untuk pendidikan pada ADD tiap kecamatan.

Baca Juga :  Ketika Presiden Jokowi dan Anak-anak Bercengkrama dan Bermain di Halaman Istana

Untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) diperlukan adanya penguatan pendidikan dan memajukan budaya masyarakat. Untuk mendukung upaya tersebut, perlu adanya alokasi untuk pendidikan pada ADD tiap kecamatan.

Dengan memiliki SDM berkualitas, maka berbagai potensi di tiap kecamatan dapat diolah sendiri sehingga memiliki nilai jual yang lebih tinggi. 

“Juga dapat dijual ke luar Kabupaten Tuban,” terangnya sempat ditemui netpitu.com dilokasi.

Pada kesempatan ini, Camat Grabagan, Drs. Eko Suhartadi menyampaikan terima kasih kepada Bupati dan Pemkab Tuban atas terlaksananya operasi pasar harga cabai di kecamatan Grabagan pada 12 Mei 2019 lalu.

Baca Juga :  CJH Bojonegoro Mulai Lakukan Pelunasan Tahap I

Sebelum ada operasi pasar harga cabai jatuh pada 3 ribu per kilo. Setelah dilakukan operasi pasar yang dilakukan Tim Kementan cabai kami dibeli 8 ribu per kilo. Alhamdulillah, ujarnya.

Selanjutnya, datang permintaan dari Indofood, Wingsfood dan Bulog Sub Divre Bojonegoro untuk menjaga kestabilan harga pasar agar tidak turun lagi.

“Dan hari ini, kami mendapat permintaan 3 ton rawit merah dan 1,5 ton rawit kriting dari Dirjen Holtikultura,” jelasnya.

Camat Grabagan menambahkan pada bulan Januari-Mei 2019, produksi jagung rata-rata mencapai 8,5 ton/ha dari luas panen 605 ha dan produksi cabai rata-rata mencapai 8,3 ton/ha dari luas panen 4.343 ha.

Pada kesempatan ini, Bupati dan Ketua TP PKK Kabupaten Tuban menyerahkan bantuan alat pertanian kepada perwakilan Gapoktan dan sejumlah penghargaan antara lain; penghargaan kepada Pemerintah Desa atas komitmen pemberdayaan masyarakat dan pengentasan kemiskinan melalui APBDes.

Baca Juga :  PAPPRI Tuban Ingin Semarakan Industri Musik di Bumi Wali

Penghargaan juga diserahkan pada penyelenggara TPQ dengan nilai rata-rata tertinggi pada Munaqosah 2019; pada Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), penggerak UKM dan IKM.

Juga diserahkan pula saat itu paket sembako dari Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskoperindag); Semen Indonesia; Bank Jatim; kepada masyarakat sekitar. 

Hadir pada kegiatan ini Ketua TP PKK Kabupaten Tuban; Ketua Pengadilan Agama Kabupaten Tuban; Sekretaris Daerah; sejumlah pimpinan OPD; Camat Grabagan dan Semanding serta warga sekitar. (met)

(met)

Berita Terkait

Pengurus MWC NU Kepohbaru dan Pengurus Ranting Se- Kec. Kepohbaru Dilantik
Komunitas IRL Jatim Bagikan Takjil di Bojonegoro
Ribuan Warga Karangpacar Ikuti Giat Jalan Santai Kampung Moderasi Beragama
Kadal Ireng Tour Healing Of Java
Peringati HJD ke 117 Tahun Desa Pacing Gelar Seni Tayub
Coldova Rock Band Goncang Lapangan Meliwis Putih
Kemeriahan Pesta Rakyat di RW 01 Kel. Ngrowo
Menjaga Kekompakan Brimob Olah Raga Bareng Kodim