oleh

Hasto Kristanto : PDIP Bakal Kombinasikan Calon Dari Eksternal dan Kader Partai

BOJONEGORO. Netpitu.com – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tidak memliki target tertentu dalam menyikapi perhelatan Pilkada Serentak 2018 Kabupaten Bojonegoro. Mengingat PDIP Bojonegoro tidak mempunyai pimpinan di Dewan dan hanya mempunyai 5 kursi DPRD, sehingga mau tak mau PDIP harus berkoalisi dengan partai lain dalam mengusung calon bupati dan calon wakil bupati.

Menurut sekretaris DPP PDIP, Hasto Kristanto, dari hasil survey dan pemetaan politik yang dilakukan, untuk mengatasi kelemahan tersebut PDIP akan mengkombinasikan calon dari eksternal dengan kader partai atau kader partai dengan eksternal.

“ Kami akan mencari kombinasi terbaik dari calon terbaik siapa calon bupati, siapa calon wakil bupati, untuk menentukan jalan kemenangan itu,” papar Hasto, di kantor DPC PDIP Bojonegoro, Sabtu (15/7).

Tentang nama-nama yang masuk dalam penjaringan, lanjut Hasto, sudah masuk di DPP Partai, dan pada momentum yang tepat akan diumumkan dan akan ditetapkan siapa calon bupati dan siapa calon wakil bupati.

“Intinya itu merupakan sebuah kombinasi bagaimana kader partai dengan eksternal atau eksternal dengan kader partai,” tandas Hasto.

Sekretaris DPP PDIP itu juga menaruh harapan besar terhadap dukungan warga Nahdliyin. Karenanya dalam menyikapi Pilkada di Jawa timur PDIP sudah banyak mendengar dari banyak tokoh, termasuk dari keluarga besar Nadhlatul Ulama (NU).

Mengingat secara kultural kesejarahan di Jawa timur, NU mempunyai peranan yang sangat penting bukan hanya di Jawa timur tapi juga Indonesia.

“PDIP juga telah menerima masukan dari keluarga besar Nahdliyin, karena sikap yang ingin dikelola PDI Perjuangan adalah mengajak bersama-sama membangun Jawa timur agar Jawa timur menjadi provinsi terdepan dalam membumikan Pancasila, menjaga Kebhinekaan dan berjuang penuh didalam menjaga NKRI.

Sementara itu Bapilu DPC PDI Perjuangan Bojonegoro, Bambang, menjelaskan saat ini sudah ada 7 pendaftar dalam penjaringan calon Bupati dan Wakil bupati yang dilaksanakan PDIP sejak awal bulan Juni lalu.

Diantaranya bakal calon dari eksternal adalah Heru Suroso, Ana mua’wanah, Puji Dewanto, Arif Januarso, Akmal Budianto. Sedangkan bakal calon dari internal kader PDIP adalah Budi Irawanto dan Dony Bayu Setyawan.

“Semua bakal calon yang mendaftar akan dilakukan survei oleh DPD sejauh mana popularitas, elektabilitas, kuantitas dan Kualitas bakal calon.

(Dan/Pur)