Awali TAB 2019/2020 Wabup Upacara di SMPN 1 Bojonegoro

- Team

Senin, 15 Juli 2019 - 19:00

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Mengawali tahun ajaran baru 2019/2020 wakil bupati Bojonegoro menjadi pembina upacara di SMP Negeri 1, sembari kenang masa sekolah di SMP ini.

Mengawali tahun ajaran baru 2019/2020 wakil bupati Bojonegoro menjadi pembina upacara di SMP Negeri 1, sembari kenang masa sekolah di SMP ini.

BOJONEGORO. Netpitu.com – Setelah melewati liburan panjang, akhirnya murid murid mulai memasuki masa sekolah. Di hari pertama sekolah ini para orang tua mengantar murid murid untuk bersekolah pertama kalinya.

Pada kesempatan ini Wakil Bupati Bojonegoro menjadi pembina apel penerimaan dan penyambutan siswa baru tahun pelajaran 2019/2020 di SMPN 1 Bojonegoro (15/7/2019).

Pada kesempatan tersebut Wakil Bupati Bojonegoro menyampaikan pendidikan adalah sarana penting bagi generasi muda untuk menyiapkan diri mengambil peran dan menghadapi tantangan dalam rangka membangun bangsa dan negara.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Revolusi teknologi menjadi pendorong lompatan perubahan yang akan berpengaruh pada cara kita hidup, cara kita bekerja dan tentu saja cara kita belajar”, kata Wakil Bupati Bojonegoro.

Masih menurut Wakil Bupati Bojonegoro, kedepan perubahan tidak bisa dipastikan dengan mudah, namun yang harus kita pastikan kepada anak anak kita adalah bahwa kita memberikan dukungan sepenuhnya kepada mereka untuk menyiapkan diri meraih kesempatan yang terpampang di hadapannya.

Baca Juga :  Pemkab Sidoarjo Studi Banding ke TK Tunas Rimba Perhutani KPH Jatirogo

“Dukungan itu dapat kita pastikan bahwa apa yang mereka pelajari adalah apa yang mereka butuhkan untuk menjawab tantangan jaman”, terang Wakil Bupati Bojonegoro.

Wakil Bupati Bojonegoro menambahkan, hari ini anak-anak baru masuk sekolah, dihadapkan dengan lingkungan baru, tahapan baru, teman baru, guru baru, suasana baru dan mungkin asing, bagi yang setelah TK melanjutkan ke SD/MI, bagi yang lulus SD/MI melanjutkan ke SMP/MTS, bagi yang lulus SMP/MTS akan melanjutkan ke SMA/SMK/MA dan seterusnya.

“Kompetensi abad 21 menuntut anak anak untuk mampu menghadapi masalah-masalah yang kompleks dan tidak berstruktur. Maka mereka membutuhkan kompetensi kemampuan kreatifitas, berfikir kritis, memecahkan masalah, komunikasi serta kemampuan berkolaborasi”, jelas Wakil Bupati Bojonegoro.

Masih menurut Wakil Bupati Bojonegoro yang biasa disebut Wawan bahwa pengenalan lingkungan sekolah merupakan kegiatan yang bertujuan untuk memperkenalkan program, cara belajar, sarana prasarana sekolah, penanaman konsep pengenalan, diri serta pembinaan awal kultur sekolah bagi anak-anak yang baru masuk sekolah dan sekitar, menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efekttif sebagai siswa baru, mengemban interaksi positif antar siswa dan masyarakat, serta menumbuhkan perilaku positif dan karakter siswa.

Baca Juga :  Sebanyak 2.899 Peserta Paket C Bakal Ikuti UNBK

Karakter ada dua bagian menurut Budi Irawanto, Pertama karakter moral antara lain nilai pancasila, keimanan dan ketaqwaan, kejujuran integritas dan keadilan, empati, sopan santun, kedua karakter kinerja adalah kerja keras, ulet, kuat, gigih, kemampuan beradaptasi dan kepemimpinan. Keseimbangan karakter baik ini akan menjadi pemandu dalam menghadapi lingkungan perubahan

Literasi dasar memungkinkan anak meraih ilmu dan kemampuan yang lebih tinggi serta menerapkannya kepada kehidupan kesehariannya. Bila selama ini kita fokus kepada literasi baca dan tulis, kita perlu juga untuk memperkuat dan memperhatikan literasi sains, teknologi, finansial dan literasi budaya.
1. Mari kita jadikan sekolah sebagai taman kasih sayang yang saling menghormati, saling mencintai dan saling membantu,
2. Mari kita jadikan masa pengenalan lingkungan sekolah sebagai pintu masuk untuk sesama warga sekolah dan lingkungan yang saling asah, asih, asuh dan memotivasi untuk menjadikan jalan sukses,
3. Mari kita laksanakan kegiatan untuk penumbuhan budi pekerti, dan ketaqwaan diantaranya; program SD Mengaji, menyanyikan lagu Nasional Indonesia Raya dan lagu-lagu bernuansa cinta tanah air, berdoa bersam yang dipimpin oleh siswa secara bergantian dan mengakhiri hari sekolah dengan menyanyikan lagu-lagu daerah.
4. Mari kita biasakan perilaku luhur di sekolah antara lain budaya antri, bersih, tertib, indah, tidak merokok serta mengawasi dan mengarahkan penggunaan teknologi informasi secara positif termasuk penggunaan hp.

Baca Juga :  Diklat Pengembangan Profesi Kepala MI Peserta Wajib Bayar Rp 150 Ribu

(pur)

Berita Terkait

Idhul Adha, SMKN 1 Bojonegoro Potong 5 Ekor Sapi Qurban
Job Fair SMKN 1 Bojonegoro Sukses Jaring 1.217 Orang Pelamar Kerja
Job And Edu Fair SMKN 1 Diserbu Peminat Kerja Bojonegoro
Diikuti 44 Didu dan PT, SMKN 1 Bojonegoro Mulai 11 – 13 Juni Gelar Job Fair Untuk Umum
Satu Jiwa Tolak Korupsi, Roadshow PMK ke 66 di Bojonegoro
PPDB SMKN Tuban – Bojonegoro Resmi Ditutup, 1109 Bangku Tak Terisi
Orang Tua Wali Murid Pertanyakan Uang Tabungan dan Uang Kunjungan Industri Yang Belum Dikembalikan
IKA SMP Negeri 2 Bojonegoro Mulai Bangun Mushola di SMPN 2

Berita Terkait

Senin, 10 Juni 2024 - 11:47

408 Kades nek Bojonegoro Masa Jabatane Ditambahi 2 Taun

Senin, 10 Juni 2024 - 10:48

Masa Jabatan 408 Kades di Bojonegoro Diperpanjang 2 Tahun

Selasa, 4 Juni 2024 - 20:43

Banyak Masalah, PDIP Minta Pemerintah Batalkan PP No. 21 Tahun 2024 Tentang Tapera

Senin, 22 April 2024 - 13:11

Sekda Nurul Azizah Sapa Ribuan Warga di Pengajian Ning Umi Laila

Jumat, 19 Januari 2024 - 11:25

Pengajuan Penetapan Nama Pada Ijazah Muk’awanah Tak Penuhi Norma Hukum Administrasi Kependudukan : Pengadilan Harusnya Menolak

Jumat, 8 Desember 2023 - 19:29

Sikapi Pencoretan Caleg, DPC PPP Laporkan KPUD dan Bawaslu Kab. Bojonegoro ke DKPP

Rabu, 6 Desember 2023 - 12:10

Sunaryo Abuma’in : LABH PPP Layani Pendampingan dan Bantuan Hukum Gratis Pada Masyarakat

Senin, 4 Desember 2023 - 16:43

PPP Maksimalkan Peran Saksi di Setiap TPS

Berita Terbaru