oleh

Bikin Permen dan Biskuit Dari Bahan Bunga Rosella, Kenapa Tidak ?

BOJONEGORO. Netpitu.com – Bunga rosella merupakan tanaman yang berasal dari negara Afrika yang saat ini tanaman sudah banyak dibudidayakan di Indonesia.

Di negara asalnya bunga yang mempunyai warna merah cerah ini banya digunakan sebagai bahan pembuatan teh yang memiliki banyak khasiat untuk kecantikan dan terapi berbagai penyakit.

“Di Bojonegoro, Rosella dibudidayakan di SMAN 1 Kasiman sejak beberapa tahun yang lalu,” ungkap Tatik Puji Lestari, S.Pd ketika ditemui wartawan media ini, Minggu, (14/10/2018).

Inovasi pun terus dikembangkan dalam menciptakan berbagai produk dari Bunga Rosella, mulai dari minuman segar, sirup dan selai manisan. Dengan beraneka produk inilah SMAN 1 Kasiman menambah kepercayaan diri untuk bersaing dalam lomba Gerbang Bojonegoro Bersinar tahun 2018.

Apresiasi dari tim juri pun disampaikan kepada para guru dan siswa SMAN 1 Kasiman atas berbagai produk tersebut.

Salah satu juri, Drs. Hanif, MM. menyatakan bahwa suatu proses pengelolaan tanaman tidak hanya berhenti sampai tahap memanen, tetapi juga harus dilanjutkan sampai menghasilkan suatu produk.

Sambil ngobrol santai dalam kegiatan evaluasi dan pembinaan GBB, Adib Nurdiyanto, M.Pd menyampaikan bahwa inovasi memiliki 2 point penting yakni menggunakan bahan yang belum dimanfaatkan atau menciptakan kreasi yg belum dijumpai di berbagai penjuru nusantara ini.

“Kenapa nggak dibuat permen?” tanya Adib. Para Guru pun terdiam untuk membayangkan dan kemudian bertanya, “caranya bagaimana Pak?”. Diskusi pun berlanjut dan tim juri melanjutkan perjalanan ke titik penilaian yang lain.

Tindak lanjut dilaksanakan oleh SMA N 1 Kasiman dalam pembuatan produk inovasi baru dengan mengadakan pelatihan pembuatan produk inovasi baru.

Selaku narasumber utama, Adib membimbing para guru dan siswa untuk membuat permen Rosella dan biskuit Rosella. Para siswa pun sangat antusias karena memang mereka penasaran tentang hasil produk tersebut.

Salah satu guru SMA N 1 Kasiman, Tatik Puji Lestari, S.Pd berharap bahwa dengan berbagai produk inovasi baru berbahan Rosella ini, siswa akan menyadari pentingnya pemeliharaan tanaman Rosella di sekolah dan memanfaatkan potensi tanaman tersebut dalam hal kewirausahaan.

(met)