oleh

Labrak Kadis PU Bina Marga, Wabup Minta Temuan Sidak Jadi Bahan Evaluasi Proyek

-BERITA-127 views

BOJONEGORO. Netpitu.com – Tindaklanjuti hasil Sidak proyek peningkatan jalan beton di jalan Lettu Suyitno, Wakil bupati Bojonegoro, Budi Irawanto, datangi kantor Dinas PU Bina Marga dan Tata Ruang Bojonegoro. Menemui Kadis PU Bina Marga dan Tata Ruang, Retno Wulandari, Wabup memuntahkan amarahnya lantaran saat hendak klarifikasi terkait temuan Sidak di lapangan kepada Kadis PU Bina Marga melalui telephon tidak pernah diangkat.

“Saya merasa dilecehkan sebagai wakil bupati. Makanya saya katakan saya masih punya SK ( wakil bupati, red ). Pertama, saya telphon gak pernah angkat. Setiap kali saya minta pendampingan petugas PU saat Sidak, saya telphon juga nggak pernah diangkat. Padahal saya masih punya SK ( Wakil bupati ),” papar Wabup Budi Irawanto.

Baca Juga :  Merasa Dicemarkan Suara Bojonegoro Laporkan Wartawan ke Polres

Kepada Kadis PU Bina Marga Wabup Budi Irawanto minta untuk lakukan evaluasi terhadap proyek yang kemarin disidaknya. Lantaran menurut petugas PU Bina Marga dan konsultan pengawas proyek yang ikut mendampinginya sudah menyatakan memang ada kesalahan spek dalam pelaksanaan pembangunan proyek jalan rigid beton tersebut.

“Dinas PU harus mengevaluasi semua, termasuk jika itu nanti ( memang ) salah, kalau ada pembayaran lagi harus dipertimbangkan,” tegas Wabup Budi Irawanto, kepada netpitu.com seusai menemui Kadis PU Bina Marga dan Tata Ruang, Rabu, 15/12/2021.

Diberitakan sebelumnya, Praktek sulap proyek tak sesuai bestek puluhan milyar rupiah di Bojonegoro dipergoki wakil bupati Bojonegoro, Budi Irawanto, saat lakukan Sidak lapangan di beberapa lokasi proyek.

Baca Juga :  Sambangi Warga Miskin Wakil Bupati Bojonegoro Berikan Bantuan Sembako

Salah satunya proyek peningkatan jalan rigid beton di jalan Lettu Suyitno. Dalam sidaknya, Wabup menemukan bukti beton Hermes yang seharusnya dipasang secara utuh ternyata hanya disambung dengan kawat bendrat.

Mengetahui proyek milyaran rupiah yang dikerjakan asal jadi ini, Wabup pun berang kepada pelaksana proyek yang ada di lapangan. ASN dari dinas PU Bina Marga dan konsultan pengawas pun juga tak luput dari kemarahan Wabup, Budi Irawanto.

Masa waktu kontrak pekerjaan proyek yang hampir berakhir membuat Wabup ketir – ketir. Lantaran jika sudah kepepet waktu kontrak selesai, biasanya pelaksana proyek pun menggunakan jurus mabuk. Proyek asal jadi tanpa mempertimbangkan kualitas pekerjaan proyek.

Baca Juga :  Jamaah Haji Bojonegoro Berangkat 4 dan 5 Juni

Sidak Wabup Budi Irawanto di lokasi proyek yang dilakukan pada Selasa, (14/12/2021) ini sempat divideokan dan viral di media sosial. Dalam rekaman video nampak Wabup Budi Irawanto menanyakan kepada pelaksana lapangan soal besi beton warmes yang dipasang namun tidak utuh dalam lembaran ukuran yang ditentukan dalam spek. Tetapi disambung dengan kawat beton.

Saat ditanyakan pada pelaksana lapangan, diakui adanya sambungan warmes tersebut. Anehnya, meski sempat ditegur Wabup, pekerjaan pengecoran masih tetap saja dilakukan tanpa mempedulikan peringatan Wabup Bojonegoro.

(ro/ yon)