oleh

261 BUMDES d Bojonegoro Mati Suri

Netizensatu.com – sebanyak 261 Badan Usaha Milik Desa ( BUMDES ) di Bojonegoro mati suri. Ke 261 badan usaha desa ini dinyatakan tidak aktif dalam menjalankan kegiatan pemberdayaan ekonomi pedasaan di masarakat.

Padahal sesuai fungsi BUMDES lembaga perekonomian desa ini didesign sebagai mitra pemerintah desa dalam pembangunan sekaligus dalam pemberdayaan masyarakat untuk mencapai kesejahteraan.

Dari 419 Desa yang ada di Bojonegoro, baru terdapat 158 BUMDES yang aktif menjalankan fungsinya sebagaiamana perintah Undang-Undang. Sedangkan 261 sisanya mati suri dan harus segera diaktifkan.

Sesuai dengan amanah UU No. 6/2014, asset BUMDES harus dipisahkan dari asset Pemerintah Desa. Ini berbeda dengan UU 32/2004, yang sebelumnya menyebutkan asset BUMDES tercatat dan tergabung dalam asset Pemerintah Desa.

“Aset Desa yang sudah diserahkan pada BUMDES itu dicatat menjadi asset BUMDES meski tetap Badan usaha itu menjadi milik Pemerintah Desa,” ujar Djumari.

Dengan pertimbangan perbedaan dalam hal penguasaan dan pemilikan asset tersebut, diharapkan Pemerintah Desa segera membuat BUMDES baru atau meng-upgrade BUMDES lama yang tidak aktif.

Pemkab Bojonegoro menargetkan proses pembuatan BUMDES baru ini akan selesai dalam waktu 7 hingga 8 bulan ke depan.

Menurut Djumari, Pemerintah Desa dapat menganggarkan dana penunjang kegiatan BUMDES melalui Dana desa yang berasal dari pusat.

( Red/Dan )