oleh

9.238 Siswa SMP di Bojonegoro Siap Laksanakan UNBK

Netizensatu.com – sebanyak 9.238 siswa dari 62 Sekolah Menengah Pertama dari 218 SMP di Bojonegoro siap melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer ( UNBK ).

Di Kabupaten Bojonegoro jumlah siswa SMP baik yang berasal dari sekolah negeri maupun sekolah swasta yang akan menghadapi Ujian Nasional tahun 2017 sebanyak 18.152 siswa dari jumlah tersebut sebanyak 9.238 siswa akan menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan 8.914 siswa akan menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasis Kertas Pensil (UNKP).

Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan Bojonegoro Puji Widodo mengatakan bahwa semua sekolah tingkat SMP telah mendaftarkan nama-nama siswa yang akan mengikuti Ujian Nasional tahun ini dengan batas waktu pendaftarannya berakhir tanggal 31 Januari 2017 lalu.

“ Kalau ada penambahan nama siswa dan belum terdaftar dalam peserta ujian berarti harus mengikuti ujian tahun berikutnya,”kata Puji Widodo, (18/4), di kantornya.

Dari total 218 sekolah tingkat SMP di Bojonegoro yang akan menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) sebanyak 62 SMP sedangkan 156 SMP akan menggelar Ujian Nasional Berbasis Kertas Pensil (UNKP).

Jumlah tersebut naik 30 persen dibanding tahun lalu. Di tahun 2016 hanya ada 4 sekolah yang menggelar UNBK yaitu SMP 1 Bojonegoro,SMP 2 Bojonegoro,SMP 1 Kecamatan Bourno dan SMP Model Terpadu.
Diharapkan oleh Puji Widodo untuk SMP yang menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer agar tidak terjadi kendala teknis pada waktu pelaksanaan ujian, meski sudah ada MOu antara Dinas Pendidikan dengan PLN dan Telkom.

Apabila terjadi bencana alam atau kendala teknis yang disebabkan adanya gangguan jaringan internet,maka untuk peserta ujian masih bisa mengikuti ujian susulan yang waktu pelaksanaannya sudah dijadwalkan.

(pur)