oleh

Melalui Ospek Unigoro Ingin Cetak Generasi Muda Anti Korupsi

BOJONEGORO. Netpitu.com – Memasuki masa perkuliahan tahun ini Universitas Bojonegoro, mengagendakan kegiatan Ospek yang diikuti sebanyak 678 Mahasiswa dari berbagai Fakultas, Hukum, Fisip, Ekonomi, Pertanian dan Teknik.

Kegiatan Ospek dimulai 16 September hingga 17 September 2017 atau digelar selama  dua hari. Semua mahasiswa baru diwajibkan mengikuti Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus yang tahun ini mengambil tema “Dengan Ospek Mencetak Generasi muda Anti Korupsi tahun Akademik 2017 /2018”. .

Ketua Yayasan Soeyitno Arief Januarso, menjelaskan melalui  Ospek ini diharapkan dapat mencetak generasi muda yang bermental Anti Korupsi. Untuk itu perlu ditanamkan pencegahan perilaku korupsi sejak dini. Dengan cara, pertama penanaman kejujuran sejak dini.

Menurutnya kejujuran adalah syarat penting dari pembentukan karakter seseorang. Bila kejujuran ditanamkan secara dini, bukan tidak mungkin kita akan mendapatkan pejabat-pejabat pemerintah yang bersih dan jujur.

Kedua adalah menanamkan kedisiplinan dan taat pada hukum yang berlaku. Tidak dipungkiri kedisiplinan merupakan ketentuan sikap yang teratur dan taat serta patuh terhadap norma hukum agama maupun negara yang wajib dimiliki oleh seseorang.

“Bila seseoarng disiplin dan taat pada hukum yang berlaku maka perilaku korupsi bisa musnah dengan sendirinya,” ujar Arief Januarso.

Pada Ospek kali ini pihak kampus mendatangkan profesiona ahli di bidangnya, seperti Kajati Jawa timur. Hanya saja yang bersangkutan berhalangan hadir dan diwakilkan pada Kepala Kejaksaan Negeri Bojonegoro Muhaji, SH. MH.

Sementara itu Kepala Kejaksaan Negeri Bojonegoro mengatakan sangat mengapreasiasi atas apa yang dilakukan Universitas Unigoro, yaitu menanamkan jiwa anti korupsi.

“Ini pertama kalinya di Bojonegoro,” ujarnya.

( Dan )