Tuban Raih Penghargaan Kabupaten Terbaik Kategori Pelayanan Publik IAA 2018

- Team

Minggu, 16 September 2018 - 22:39

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

TUBAN. Netpitu.com – Untuk Ke-empat Kalinya, Kabupaten Tuban meraih penghargaan Indonesia’s Attractiveness Award (IAA).

Penghargaan ini diperoleh setelah melewati tahap penyaringan dan pengolahan data, survey, verifikasi serta penjurian.

Dalam tahap penjurian yang lalu, Wakil Bupati Tuban, Ir. H. Noor Nahar Hussein, M.Si memaparkan program kebijakan dan inovasi pelayanan Publik yang telah dilakukan oleh Kabupaten Tuban di hadapan dewan juri di Gedung Tempo lantai 8 Palmerah Barat Jakarta, Selasa (17/07/ 2018).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Pada Penghargaan yang diberikan oleh Tempo Media Grup yang bekerjasama dengan lembaga Survey Independen, Frontier Consulting Group ini, Tahun ini Kabupaten Tuban mendapatkan penghargaan sebagai Pemenang Platinum Kabupaten Terbaik dalam kategori Pelayanan Publik IAA 2018, Platinum merupakan Peringkat Tertinggi dalam IAA 2018.

Penghargaan ini diterima langsung oleh Bupati Tuban, H. Fathul Huda yang diserahkan oleh Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, Tjahjo Kumolo di Ballroom Dua Mutiara, Hotel JW. Marriot, Jalan Dr. Ide Anak Agung Jakarta, Jum’at (14/09/2018) yang dihadiri puluhan kepala daerah peraih penghargaan IAA 2018 mulai tingkat provinsi hingga kabupaten atau kota. 

Baca Juga :  Presiden Jokowi Minta Sistem Aplikasi Keuangan Desa Dibuat Simple

Menteri Dalam Negeri dalam sambutannya mengapresiasi atas terselenggaranya Penghargaan IAA 2018, menurutnya kegiatan ini sebagai wahana untuk memberikan Penghargaan kepada Kepala Daerah yang sukses dalam pembangunan dan pengembangan daerah pada 4 dimensi pembangunan yang bermuara pada percepatan pertumbuhan perekonomian daerah.

Mendagri juga mengucapkan selamat kepada seluruh Kepala Daerah yang mendapatkan Penghargaan IAA 2018.

Menurutnya Penghargaan IAA ini juga dapat dimaknai sebagai motivasi dan inspirasi daerah dalam mengoptimalkan pembangunan daerah khususnya pada bidang infrastruktur, pariwisata, investasi dan pelayanan publik sehingga terwujud percepatan pembangunan dan persatuan Indonesia. 

Baca Juga :  Inilah Potensi Masalah Bantuan Keuangan Desa Menurut Wabup dan DPRD Bojonegoro

Sementara itu menurut CEP Frontier Consulting Group Handy Irawan saat itu menjelaskan bahwa dalam pengukuran Indonesia’s Attravtiveness Indeks (IAI) menggunakan empat dimensi yaitu Investasi, Infrastruktur, Pariwisata dan Pelayanan Publik.

Dalam melanjutkan penjelasan tersebut, katanya ada dua macam Indeks IAI, pertama indeks IAI terbaik diperoleh dari nilai absolut dari atribut masing-masing dimensi pada tahun terakhir, kedua indeks IAI potensial diperoleh dari nilai pertumbuhan dari atribut masing-masing dimensi selama 3 sampai dengan 5 Tahun terakhir.

Dari 137 daerah yang masuk nominasi dipilih 16 Kabupaten, 16 Kota dan 16 Provinsi untuk mengikuti presentasi dan penjurian yang didasarkan pada hasil kajian data serta perkembangan oleh tim independen dari Tempo dan Frontier Consulting Group.

Pada tahap penjurian ini dilihat strategi, proses dan hasil yang diperoleh setiap daerah, hasil terbaik tersebut adalah yang dapat berdampak pada pertumbuhan ekonomi didaerahnya masing-masing. 

Baca Juga :  Satgas TMMD Kebut Renovasi Masjid Ds. Meduri

Sementara itu Bupati Tuban, H. Fathul Huda saat dihubungi melalui Kabag Humas Dan Protokoler Pemkab Tuban, Drs. Rohman Ubaid menyampaikan bahwa Bupati Tuban merasa bersyukur atas kinerja Pemerintahan Kabupaten Tuban yang membuahkan Penghargaan terbaik di bidang pelayanan publik.

“Terima Kasih kepada semua pihak atas dukungannya, terutama kepada segenap masyarakat Tuban, Penghargaan ini adalah motivasi bagi kita semua, khususnya dalam mengoptimalkan pelayanan publik agar semakin baik lagi,” ujarnya.

Saat ini Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) kita sudah pada predikat Baik dengan nilai 8 (delapan), kedepan kita berharap dapat ditingkatkan lagi menjadi predikat Sangat Baik” ujar orang nomor satu di Bumi Wali ini.

(adv/met)

Berita Terkait

LHP BPK Kab. Bojonegoro Sudah Diserahkan Ke Ketua DPRD Tapi Tak Dibagikan Pada Anggota
16 Lowongan Parades Di Sukosewu, Jangan Lempar Bola Panas Ke Kecamatan
Hoax Kabar Penghentian Hibah BKD Dari KPK
Dorong Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik, Kementerian PAN RB Lakukan Rakor Online
Miris, Masih Ada Jalan Poros Desa Berlumpur di Bojonegoro
PDIP : Pemkab Harus Berikan Solusi Soal Kelambatan Pencairan ADD
Duh, 53 Desa Di Bojonegoro Belum Mengajukan Pencairan ADD., Ada Apa ?
Duh… Belum Terima Gaji Bulan Maret, ASN Dinas Sosial Bingung Cari Talangan