oleh

Bawa Bendera Merah Putih Kirab Satu Negeri Disambut Bupati Tubban

TUBAN. Netpitu.com – Rombongan Kirab Satu Negeri (KSN) yang diprakarsai oleh Gerakan Pemuda (GP) Ansor tiba di Kabupaten Tuban, Senin (15/10/18).

Bupati Tuban, H. Fathul Huda menyambut secara langsung rombongan kirab ini di depan Rumah Dinasnya, Komplek Pendopo Kridho Manunggal.

Rombongan kirab yang mengusung tema Bela Agama, Bangsa dan Negeri tersebut membawa Bendera merah putih yang dibawa berkeliling di beberapa Kabupaten/Kota di Jawa timur, yang pada kesempatan ini secara simbolis diserahkan oleh Ketua PW. GP. Ansor Jatim kepada Bupati Tuban dan di serahkan lagi kepada Ketua PC. GP. Ansor Kabupaten Tuban.

Bupati Tuban, H. Fathul Huda mengatakan bahwa kirab satu negeri memiliki misi yang sangat bagus, terutama dalam rangka menjaga kebhinekaan atau keberagaman bangsa Indonesia yang saat ini mulai tergerus.

Baca Juga :  BMP Bakal Laporkan Kadisdukcapil ke Mendagri

Bupati dua periode ini juga berharap agar apa yang menjadi tujuan dan dicita-citakan untuk menjaga keutuhan bangsa dan negara bisa terwujud.

“Kita ini sama, kita ini Indonesia, NKRI harga mati,” kata Bupati Fathul Huda menirukan dengan semangat yel-yel rombongan KSN.

Dalam kesempatan yang sama, ketua PW. GP. Ansor Jawa Timur, H.M. Sholahul’am Notobuwono menjelaskan bahwa dilaksanakannya kegiatan ini memiliki tujuan untuk membangun kembali restorasi persatuan pemuda.

“Kami ingin mengajak para pemuda dari sabang sampai merauke, dari miangas sampai pulau rote, untuk kembali mengingat sumpah pemuda, ditengah kondisi saat ini,” Ujarnya

Baca Juga :  Pencabutan BKD Preseden Buruk Bagi Pemerintah Bojonegoro

Gerakan Pemuda Ansor menurut Sholahul’am sangat prihatin dengan maraknya kelompok radikal, banyak penyesatan dan juga Hoax.

Oleh sebab itu nanti pada acara puncaknya akan ada Apel besar di Jogjakarta (26/10/18) yang diikuti 10.000 Banser dan juga dihadiri oleh Global Unity Forum yang terdiri dari pemuda yang berasal dari 48 negara, “kita ingin menampilkan kepada dunia bahwa Indonesia yang terdiri dari banyak suku bangsa dan bahasa bisa bersatu” imbuhnya.

Sementara itu berbeda dengan daerah lainnya, Kirab Satu Negeri di Tuban dilaksanakan juga dengan mengarungi lautan yang dimulai dari Pantai Boom dan berakhir di Pantai Desa Socorejo Kecamatan Jenu.

Baca Juga :  Soal Bingkisan Lebaran, Camat Kedungadem Diperiksa Polisi

Menurut Ketua PC. GP. Ansor Tuban, Syafiq Syauqi, digunakannya sarana perahu adalah untuk mengingatken kembali kepada Pemuda teruatama di Kabupaten Tuban akan kejayaan nusantara di bidang maritimnya, 

“Kita ingin mengingatkan kembali kepada Pemuda, bahwa Bangsa Indonesia pernah berjaya di maritimnya” Ujar menantu Bupati Tuban ini.

Pria yang sering disapa Gus Syafiq ini juga menjelaskan bahwa selain mengarak rombongan kirab, dilaksanakan pula Dialog kebangsaan yang membahas permasalahan yang sedang hangat dibicarakan saat ini di Pendopo Kridho Manunggal. (met)