oleh

Masuk 10 Besar LBM, SDN Genjor Siap Jadi Juara

BOJONEGORO. Netpitu.com – Terpilih sebagai wakil dalam Lomba Budaya Mutu ( LBM ) Penguatan Pendidikan Karakter, SDN Genjor, Kecamatan Sugihwarah, Bojonegoro, siap menjalani uji kelayakan tahap akhir.

Sebelumnya SDN Genjor telah lolos verifikasi data dokumen portofolio, sehingga ditetapkan sebagai 10 besar SD yang menyelenggarakan pendidikan berbasis pendidikan karakter.

Seperti diketahui Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro sejak September 2019 selenggarakan Lomba Budata Mutu ( LBM ) pada lembaga Sekolah Dasar yang ada di Bojonegoro.

Menurut Kasi Kurikulum, Dinas Pendidikan Bojonegoro, Bambang Agus Riyanto, sebelum lomba budaya mutu Disdik Bojonegoro melakukan sosialisasi LBM di tingkat Kabupaten dan Kecamatan, yang diikuti dengan penyusunan dokumen portofolio program pembelajaran di sekolah.

” Sekarang ini pelaksanaan lomba sudah sampai tingkat visitasi penilaian lapangan, sebagai tindaklanjut hasil seleksi dokumen portofolio,” terang Kasi Kurikulum, Dinas Pendidikan Bojonegoro, Bambang Agus Riyanto, Kamis, (10/10/2019), di ruang kerjanya.

Menurut Bambang Agus Riyanto, ada 10 besar yang berhasil lolos seleksi dari 22 lembaga SD yang menyerahkan dokumen potofolio. Dari hasil 10 besar tersebut akan dilakukan visitasi lapangan yang nantinya akan diambil 6 nominator pemenang lomba.

Sedangkan visitasinya dilaksanakan pada 8 Oktober hingga 14 Oktober di tiap-tiap lembaga sekolah.

Kemudian pada 15 – 19 Oktober nanti ke 6 niminator tersebut akan dilakukan uji wawancara dan peserta diminta untuk melakukan presentasi dihadapan juri penilai LBM. Kegiatan ini rencananya akan dilaksanakan di SMP Model Terpadu, Jalan A. Yani.

Pada LBM tahun ini, Disdik Bojonegoro, melombakan 15 katagori, diantaranya terdapat juga katagori Penguatan Pendidikan Karakter ( PPK ) dan Pendidikan Aisber atau SD Mengaji.

Dikatakan Bambang Agus Riyanto, lomba budaya mutu ini bertujuan mewujudkan sekolah dasar yang memiliki budaya mutu dalam memberikan layanan prima dan menjadi branchmark ( patok duga ) bagi sekolain lain di sekitarnya serta acuan bagi pembinaan para pemangku kepentingan.

Selain itu juga untuk mendapatkan SD yang berbudaya mutu sesuai dengan keunggulan masing-masing, yang nantinya akan dijadikan wakil Bojonegoro untuk mengikuti lomba hudata mutu tingkat nasional.

(yon)