Dorong UMKM Pemkab Tuban Raih Penghargaan Natamukti

BERITA400 views

TUBAN. Netpitu.com – Atas keberhasilan mendorong keberlangsungan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Pemerintah Kabupaten Tuban kembali mendapatkan Penghargaan Piala Natamukti dari  International Council for Small Business (ICSB) Indonesia dan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (KUKM).

Penghargaan ini diberikan langsung oleh Menteri Koperasi dan UKM, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga kepada Bupati Tuban, H. Fathul Huda di Graha Widya Bhakti, Gedung 123 Kawasan Puspiptek Serpong Tangerang Selatan, Kamis (15/11/18).

Pada penganugerahan penghargaan yang dirangkaikan dengan acara Gebyar UKM Indonesia 2018 ini, Menteri KUKM merasa sangat senang atas capaian yang diperoleh oleh Kabupaten atau Kota peraih penghargaan, yang menandakan adanya perhatian khusus Pemerintah daerah terhadap keberlangsungan UMKM di daerahnya.

Baca Juga :  Super Kilat, Dua Jam Ditetapkan Pengurus DPC Kompakdesi Langsung Dilantik

“Penghargaan ini sebagai bukti adanya keberhasilan Pemerintah Daerah dalam memasarkan, mendorong peningkatan kualitas, serta membangun ekosistem UMKM di daerahnya,” ujar Menteri KUKM.

Menteri asal Pulau Dewata Bali ini menambahkan bahwa sebagai penggerak roda perekonomian utama di Indonesia, usaha mikro Kecil dan Menengah menjadi perhatian pemerintah dan lembaga internasional saat ini.

Ekosistem UMKM yang kondusif hanya bisa dicapai dengan kontribusi dari berbagai pihak seperti praktisi bisnis, akademisidan peneliti.

“Selain itu, peran pemerintah daerah dalam mendukung UMKM menjadi pilar pendorong utama ekonomi lokal,” imbuhnya 

Sementara itu President of ICSB Indonesia, Hermawan Kartajaya menjelaskan bahwa penghargaan Natamukti merupakan bentuk apresiasi dari ICSME sebagai host organization ICSB Indonesia dengan Kementerian KUKM.

Baca Juga :  2 Siswa SDN I Kalirejo - Kec. Ngraho Juarai Kerjurnas Pencak Silat Perisai Diri Piala Hamengku Buwono X

Penentuan penerima penghargaan melewati proses yang panjang, ICSB mendorong nominator mengisi formulir yang mengacu pada Model Natamukti, yaitu bagaimana melakukan pengembangan UMKM yang terpercaya, terdepan, dan teratur. 

Formulir yang dikirimkan oleh Kabupaten atau Kota direview oleh tim yang telah dibentuk dan ditunjang dengan data dari berbagai pihak serta dilakukan observasi yang dilakukan oleh sejumlah penggiat ICSB Indonesia, untuk kemudian di usulkan menjadi Penerima Penghargaan yang melalui rapat bersama Kementrian KUKM menentukan peraih penghargaan.

Pada kesempatan yang sama, setelah menerima penghargaan, Bupati Tuban mengucapkan rasa syukur yang setinggi-tingginya kepada Allah SWT dan menugcapkan terima kasih kepada Nya.

Bupati berharap
penghargaan ini dapat dijadikan motivasi bagi pengembangan UMKM di kabupaten Tuban untuk dapat berkembang lebih baik lagi.

Baca Juga :  Beredar Chat Palsu Mengaku Wabup Bojonegoro Tawarkan Bantuan Dana Hibah

“Penghargaan ini juga jangan menjadikan cepat berpuas diri, dengan dukungan penuh Pemkab Tuban, UMKM diharapkan dapat lebih tumbuh dan berkembang serta memiliki daya saing yang kuat,” ujar Bupati.

Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Tuban, Drs. Agus Wijaya, M.AP menjelaskan bahwa UKM di Kabupaten Tuban tersebar di 20 Kecamatan yang terdiri dari UMKM makanan dan minuman, UMKM sandang, UMKM keahlian, dan UMKM kerajinan.

“Selama tahun 2017 berdasarkan data, Kabupaten Tuban dalam angka jumlah UMKM di Tuban mencapai 282.932 unit dengan penyerapan tenaga kerja sebanyak 345.674 orang,” jelas mantan Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Tuban ini. 

(met)