oleh

Ribuan Guru TPQ Ikuti Seminar Di Pendopo Tuban

TUBAN. Netpitu.com – Sebanyak 7.072 Guru TPQ se-Kabupaten Tuban memenuhi Pendopo Kridho Manunggal untuk mengikuti Seminar dan Pengajian, Rabu, (14/11/2018).

Kegiatan ini dihadiri Bupati Tuban, Direktur Keuangan PT Semen Gresik, Sekda dan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Tuban.

Kegiatan diawali dengan Penandatanganan Prasasti Pembangunan TPQ dari dana hibah dan penyerahan hadiah kepada 6 pemenang lomba TPQ Award. 

Bupati Tuban, H Fathul Huda,  menyampaikan,  sekitar 7 tahun  lalu  masyarakat Tuban masih banyak yang belum melaksanakan ibadah sholat, sehingga menjadi keprihatinan tersendiri. Oleh karena itu, salah satu fokus pembangunan di Bumi Wali  adalah membangun masyarakat yang religi, dan menerapkan nilai-nilai agama dalam kehidupan. Salah satunya melalui pendidikan alquran.

Baca Juga :  PPKM Diperpanjang Bansos Tak Kunjung Datang

“Kita tanggulangi dengan pembelajaran untuk santri tua dari dasar agama sampai praktek ibadahnya sebagai tanggung jawab kita semuanya. Saya juga turun ke desa-desa dan menemukan banyak orang tua yang tidak sholat bahkan tidak bisa membaca syahadat,” ungkap Bupati Huda.

Lebih lanjut, Pemkab Tuban mencanangkan program Munaqosah bagi siswa tingkat SD/MI. Berkat dukungan Guru TPQ dan pihak terkait lainnya, saat ini siswa harus memiliki ijazah TPQ untuk dapat masuk SMP. 

Baca Juga :  Anggaran Belum Dicairkan, Bagaimana Nasib Bingkisan Lebaran Bupati ? (1)

Dampaknya banyak calon siswa yang memenuhi TPQ untuk mengaji. Tidak ada cara lain selain remaja Tuban kita gembleng agar paham Alquran, jelas Fathul Huda di hadapan ribuan guru TPQ. 

Bupati dua periode ini menerangkan, Alquran merupakan sumber dari semua ilmu pengetahuan. Dalam Alquran juga terdapat rahasia-rahasia hebatnya. Dengan mengamalkan dan mengajarkan Alquran, akan menjadikan menjadi pribadi yang lebih baik.

Baca Juga :  Pasien Covid Terus Membludak, Apa Kerja Bupati ?

‌Bupati Huda menargetkan terbangunnya 1.000 TPQ hingga tahun 2021. Pemkab Tuban juga akan memfasilitasi pembangunan TPQ dengan memberikan bantuan hibah minimal Rp. 25 juta per TPQ.

Pada kesempatan yang sama, dilakukan pengundian 2 hadiah umroh, 2 sepeda motor, 2 sepeda gunung, TV LED, Mesin Cuci, Lemari Es dan hadiah menarik lainnya sebagai bentuk apresiasi kepada guru TPQ.

(met)