oleh

Pemkab Akan Kemaskan Paket Destinasi Wisata Tuban

TUBAN. Netpitu.com – Wakil Bupati Tuban, Ir. H. Noor Nahar Hussein, M.Si., bersama sejumlah pejabat Pemkab Tuban melakukan peninjauan ke sejumlah tempat wisata di Kabupaten Tuban, Selasa (15/01/2019).

Turut hadir mendampingi peninjauan ini sejumlah pimpinan OPD, antara lain Kepala Disparbudpora, BAPPEDA, Dinas PRKP, DPKP, Satpol PP, Dishub, Diskoperindag, dan Kabag Humas dan Protokol Setda Tuban.

Pada kesempatan ini, Wabup mengunjungi obyek wisata Goa Akbar, Pantai Boom, Pantai Kelapa, dan Wisata Agropolitan Kebun Belimbing. Usai meninjau beberapa obyek wisata tersebut, Wabup menuturkan obyek wisata yang tersebut di atas adalah wisata penyangga kota.

Baca Juga :  Sedulur Silat Bojonegoro Bareng Bagikan Takjil Pada Pengguna Jalan

Oleh karena itu, perlu adanya sinergitas dan dukungan penuh dari berbagai instansi tekait, mulai dari OPD, pemerintah Kecamatan maupun desa serta pengelola guna peningkatan pelayanan.

Di samping itu, pengembangan dan peningkatan fasilitas di kawasan objek wisata, antara lain fasilitas jalan masuk, jalan usaha tani, serta jalan penunjang wisata program pemberdayaan.Wabup menambahkan destinasi wisata di Bumi Wali dapat diintegrasikan dan dikembangkan menjadi wisata edukasi, alam, maupun kuliner.

“Tidak menutup kemungkinan adanya penambahan fasilitas dan wahana pada destinasi wisata,” ungkapnya kepada netpitu.com kala berhadapan saat di wisata Goa Akbar.

Baca Juga :  KAI Sediakan Layanan Test Covid GeNose di Stasiun Bojonegoro

Selain itu, perlu dilakukan kajian lebih lanjut bersama pengelola terkait Standar Operational Procedur (SOP). Lebih lanjut, berbagai objek wisata, baik yang dikelola Pemkab Tuban, desa, maupun swasta dapat terintegrasikan dan terkoneksi guna memaksimalkan promosi. Juga akan memudahkan wisatawan mencari informasi berkaitan dengan objek wisata.

“Kedepannya, destinasi wisata yang beragam akan dijadikan paket wisata Bumi Wali dan dapat dimasukkan dalam agenda wisata Jawa Timur maupun nasional,” imbuh Wabup kepada media ini.

Wabup berharap dengan berbagai pengembangan tersebut, diharapkan dapat semakin meningkatkan minat wisatawan untuk berkunjung di Kabupaten Tuban.

Baca Juga :  Koperasi Kareb Berikan THR H - 7 Sebelum Lebaran

Sementara itu, Kepala Disparbudpora Kabupaten Tuban, Drs. Sulistiyadi, MM., menerangkan bahwa pada tahun 2018 wisatawan yang berkunjung ke Bumi Wali mencapai 6.966.335 wisatawan. Jumlah tersebut mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya yaitu 5.803.318 orang.

Dari jumlah tersebut, wisatawan yang mengunjungi Pantai Kelapa sebanyak 386.530, Pantai Boom sejumlah 202.524, dan Goa Akbar berjumlah 77.729 orang. Sedangkan, destinasi wisata yang paling banyak di kunjungi adalah Makam Sunan Bonang dan Makam Asmaraqondi, Palang.

(met)