oleh

Serentak, Hari Ini Polri Gelar Pakta Integritas Seleksi Masuk Anggota Polisi

Netizensatu.com – Polri berkomitmen melakukan seleksi anggota polisi secara bersih, yang disertai pengawasan internal dan eksternal diperkuat. Hari ini, secara serentak Polri menggelar pakta integritas terkait seleksi anggota polisi secara serentak di seluruh Indonesia.

Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia (ASDM) Irjen Arief Sulistyanto menuturkan, pakta integritas itu akan ditandatangani personel yang terlibat mengetes calon siswa Akademi Kepolisian (Akpol), Bintara dan Tamtama. Sekaligus, dengan para orang tua calon polisi dan peserta seleksi.

”Pakta integritas ini ditujukan agar semua menyadari tidak boleh ada permainan. Pakta integritas ini digelar serentak di semua Polda,” ujarnya saat dihubungi Jawa Pos kemarin.

Dengan pakta integritas ini, orang tua calon polisi dan calon polisi bisa memiliki keberanian untuk melaporkan bila menemui adanya penyimpangan. ”Langsung lapor ke pengawas saja kalau menemui penyimpangan,” ujarnya.

Untuk mendampingi pakta integritas tersebut, pengawasan seleksi tersebut juga diperkuat. Ada pengawas internal dan eksternal untuk mengawasi setiap tahapan seleksi.

”Kalau untuk internal ada dari Itwasum dan Divpropam,” jelasnya.

Pengawas eksternal seperti pegiat antikorupsi dilibatkan secara melekat. Dia menjelaskan, setiap pengawas eksternal ini bisa melihat secara langsung bagaimana proses tes tersebut.

”Misalnya tes fisik, bisa langsung mereka pantau. Mereka diberikan akses,” ujarnya.

Tak hanya itu, kementerian pendidikan dan kebudayaan (Kemendikbud) juga dilibatkan dalam salah satu seleksi.

Yakni, mengecek keaslian dari ijasah yang dimiliki setiap peserta. ”Dengan begitu setiap tes menjadi lebih terawasi,” terangnya.

Dia berharap, tidak terjadi kembali adanya anggota polisi yang diperiksa terkait dugaan permainan dalam seleksi anggota.

Dengan seleksi yang bersih, harapan untuk memiliki pemimpin Polri yang berintegritas menjadi lebih tinggi. Sehingga, semangat Polri untuk membersihkan prilaku korup menjadi lebih kuat.

”Seleksi ini untuk mencari pemimpin Polri masa depan, tentu ini sangat penting berjalan bersih tanpa permainan,” tegasnya.

Polres Bojonegoro Gelar Pakta Integritas.

Sementara itu, bertempat di halaman Mapolres Bojonegoro, hari ini telah dilaksanakan penanda tanganan pakta integritas dari perwakilan orang tua peserta dan peserta yang telah lolos seleksi awal, penerimaan terpadu Taruna Akpol, Brigadir Polisi Tugas Umum, Brigadir Teknologi Informasi, Brigadir Musik dan penerimaan Tamtama Polri TA 2017, yang dilaksanakan oleh panitia seleksi Polres Bojonegoro.

Kapolres Bojonegoro menyatakan, bahwa penanda tanganan pakta integritas adalah kontrak modal, yang berisikan ikrar untuk mencegah dan tidak melakukan KKN dalam proses seleksi masuk menjadi anggota polri.

Ikrar yang telah diucapkan dan ditanda-tangani oleh perwakilan orang tua peserta seleksi, merupakan komitmen dan janji kepada Tuhan Yang Maha Esa, untuk melaksanakan seleksi yang bersih dari KKN sebagaimana komitmen dalam penerimaan anggota polri

“Seleksi penerimaan anggora Polri ini dilaksanakan dengan prinsip “betah” yaitu bersih, transparan, akuntabel dan humanis serta clean and clear.” ungkap Kapolres.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Kepolisian Negara Republik Indonesia, pada Tahun Anggaran 2017, telah membuka kesempatan bagi putra putri di seluruh Indonesia, untuk di didik menjadi Taruna Akpol, Bintara PTU, Bintara Musik, Bintara TI dan Tamtama Polri. Pendaftaran tersebut dimulai sejak tanggal 14 Maret 2017 – 15 April 2017, dan rekruitmen dibuka secara terpadu serta pendaftarannya dilaksanakan secara online.

Adapun penerimaan anggota Polri TA 2017 ini akan direkrut sekitar 10.925, dengan rincian untuk Taruna Akpol 275, Bintara 10.150 dan Tamtama Polri 500 orang.

Adapun pada tahun 2017 ini, Polres Bojonegoro mengirimkan 381 peserta yang dinyatakan lulus seleksi,  terdiri dari Taruna Akpol 10, Bintara PTU 270, Bintara TI 59, dan Tamtama Polri sejumlah 42 peserta.

Terdapat peningkatan jumlah peserta, jika dibandingkan dengan peserta Tahun 2016, yang dinyatakan lulus pada Panbanrim Polres Bojonegoro sebanyak 350 peserta.( DAN)