oleh

Munir Pindah Jadi Kakanmenag Kota Madiun, Bojonegoro Diisi Syamsuri

BOJONEGORO. Netpitu.com – Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa timur, Senin (16/4) melakukan perombakan pejabat kepala kantor di beberapa Kabupaten dan Kota di wilayah Jatim.

Diantara kepala kantor Kemenag yang dimutasi adalah Drs. Ahmad Munir, M.Hum, kepala kantor Kemenag Bojonegoro, yang dimutasi menjadi kepala kantor Kemenag Kota Madiun.

Selanjutnya jabatan kepala kantor Kemenag Bojonegoro, diisi oleh kepala seksi Kurukulum dan Evaluasi data pada Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Jatim, Drs. Syamsuri, M.Pd.

Tantangan.

Sebagai kepala kantor Kementerian Agama Bojonegoro yang baru, Syamsuri, pada awal menjabat ini langsung dihadapkan pada tantangan yang cukup berat. Dimana ia harus mampu menjadi nahkoda yang netral dan tidak berpihak dalam menghadapi Pilkada bupati yang tengah berlangsung di Bojonegoro.

Seperti diketahui kantor Kementerian Agama menjadi lembaga yang cukup potensial untuk mendulang suara. Lantaran Kementerian Agama yang dipimpin oleh memteri Agama Lukman Syaifuddin ini adalah kader Partai Persatuan Pembangunan.

Bisa jadi dimungkinkan adanya tekanan politik terhadap kepala kantor untuk mengarahkan para pegawai dan kolega di bawah Kementriannya untuk memilih salah satu calon tertentu.

Namun dengan ketatnya peraturan kampanye yang dibuat oleh Komisi Pemilihan Umum yang mengatur dilarangnya keterlibatan Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam dukung mendukung pasangan calon dalam Pemilukada, tentunya hal hal tersebut akan sulit dilakukan. Mengingat sanksi bagi ASN yang terbukti terlibat menberikan dukungan terhadap pasangan calon cujup berat, bahkan bisa masuk dalam ranah pidana.

Dengan digantinya A. Munir, semoga Syamsuri, yang ditunjuk sebagai kepala kantor Kemenag Bojonegoro yang baru memiliki integritas dan amanah dalam menjalankan tugasnya sebagai kepala kantor.

(rd/am)