Mabes Polri Sosialisasikan Pedoman Kerja Pengamanan Hutan dan Penegakan Hukum di Perhutani Jatim

- Tim

Sabtu, 17 Agustus 2019 - 17:11

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Inspektur Jenderal Pol. Deden Juhara selaku Asisten Kapolri Bidang Operasi, Mabes Polri melakukan sosialisasi Pedoman Kerja Pengamanan Hutan dan Penegakan Hukum di wilayah kerja Perum Perhutani, di ruang Tectona Kantor Perhutani Divisi Regional Jawa Timur, Surabaya, Kamis (15/8).

Inspektur Jenderal Pol. Deden Juhara selaku Asisten Kapolri Bidang Operasi, Mabes Polri melakukan sosialisasi Pedoman Kerja Pengamanan Hutan dan Penegakan Hukum di wilayah kerja Perum Perhutani, di ruang Tectona Kantor Perhutani Divisi Regional Jawa Timur, Surabaya, Kamis (15/8).

SURABAYA. Netpitu.com – Menindaklanjuti kerjasama antara Perhutani dan Polri yang dituangkan dalam nota kesepahaman yang ditandatangani pada 31 Desember 2018 lalu oleh Direktur Utama Perhutani Denaldy M. Mauna dan Inspektur Jenderal Pol. Deden Juhara selaku Asisten Kapolri Bidang Operasi, Mabes Polri melakukan sosialisasi Pedoman Kerja Pengamanan Hutan dan Penegakan Hukum di wilayah kerja Perum Perhutani, di ruang Tectona Kantor Perhutani Divisi Regional Jawa Timur, Surabaya, Kamis (15/8).

Kegiatan ini diikuti segenap Administratur Perhutani diwilayah Divisi Regional Jawa Timur dan jajarannya sebagai pengendali perlindungan hutan dilapangan beserta jajaran Polisi selaku Perwira Pembina (Pabin) Jagawana di wilayah Perhutani Jawa Timur.

Baca Juga :  Polres, Kodim dan Satpol PP Bojonegoro Patroli Oklik Sahur On The Road

Dalam sambutannya, Kepala Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Timur, Oman Suherman menyampaikan jika Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Timur mengelola kawasan hutan seluas 1.116.074,23ha, yang terdiri dari Hutan Produksi seluas 796.252,27 ha dan Hutan Lindung seluas 319.821,96 ha.

ADVERTISEMENT

ads

SCROLL TO RESUME CONTENT

Dalam mengelola hutan tersebut kata Oman, Perhutani dibebani tugas salah satunya adalah kegiatan perlindungan hutan yang antara lain mencegah gangguan keamanan hutan baik berupa pencurian pohon, perambahan dan pengendalian kebakaran hutan.

Sementara itu Brigjend. Pol Ricky F Wakanno dalam dalam paparannya menjelaskan bahwa gangguan keamanan hutan diwilayah kerja Perum Perhutani, baik terhadap kawasan hutan serta hasil hutan dikhawatirkan akan terjadi kerusakan dan pencemaran terhadap sumberdaya hutan, itu akan sangat mengganggu sendi-sendi ekonomi bangsa dan bila berkembang akan mengakibatkan salah satu aspek timbulnya gangguan kamtibmas.

Baca Juga :  Festival Kartini Mulai Dari Masak Hingga Soal Kebaya

Polri mempunyai tugas pokok antara lain memelihara kamtibmas dan penegakan hukum berkepentingan unruk membantu pencegahan dan penegakan hukum. Karenanya untuk memudahkan pelaksanaan upaya-upaya pencegahan dan penegakan hukum perlu adanya kerjasama antara Polri dan Perhutani.

Sosialisasi pedoman kerja yang dilanjutkan paparan Kombes Pol. Agus Susanto SIK selaku Kabagpakat Rokerma KL Sops Polri. Menurut ia kegiatan ini sebagai pedoman bagi para pihak dalam rangka pengamanan hutan dan penegakan hukum dengan tujuan meningkatkan kerjasama yang sinergis dalam pengamanan hutan dan penegakan hukum diwilayah kerja Perhutani.

Baca Juga :  ASN Tuban Semakin Berkurang BKD Latih Komputer Dasar

Pada sesi lainnya dalam sosialisasi ini juga disampaikan cara penegakan hukum terhadap tindak pidana dibidang kehutanan yakni ilegal logging, kebakaran hutan dan lahan oleh Badan Reserse Kriminal Mabes Polri yang disampaikan oleh AKBP Fatkhul Janah Kanit I Subdit III Dit Tipidter Bareskrim Polri.

Berita Terkait

Komunitas IRL Jatim Bagikan Takjil di Bojonegoro
Ribuan Warga Karangpacar Ikuti Giat Jalan Santai Kampung Moderasi Beragama
Kadal Ireng Tour Healing Of Java
Peringati HJD ke 117 Tahun Desa Pacing Gelar Seni Tayub
Coldova Rock Band Goncang Lapangan Meliwis Putih
Kemeriahan Pesta Rakyat di RW 01 Kel. Ngrowo
Menjaga Kekompakan Brimob Olah Raga Bareng Kodim
Polres Bojonegoro Gelar Ngopi Bareng Dengan Media

Berita Terkait

Selasa, 26 Maret 2024 - 11:09

Kemenag Bojonegoro Pastikan Kegiatan Belajar Mengajar di Madrasah Berjalan Normal

Sabtu, 23 Maret 2024 - 14:00

Kadal Ireng Bagikan 350 Takjil ke Masyarakat

Sabtu, 9 Maret 2024 - 21:31

Rayakan Annyversary ke 75, Persibo Dapat Hadiah Armada Bus Dari Sedulur Pitu

Jumat, 19 Januari 2024 - 11:25

Pengajuan Penetapan Nama Pada Ijazah Muk’awanah Tak Penuhi Norma Hukum Administrasi Kependudukan : Pengadilan Harusnya Menolak

Rabu, 6 Desember 2023 - 12:10

Sunaryo Abuma’in : LABH PPP Layani Pendampingan dan Bantuan Hukum Gratis Pada Masyarakat

Senin, 4 Desember 2023 - 16:43

PPP Maksimalkan Peran Saksi di Setiap TPS

Senin, 4 Desember 2023 - 08:11

Menangkan Pemilu 2024 DPC PPP Masivkan Konsolidasi, Sosialisai ke Kader di Tingkat Kecamatan dan Desa

Jumat, 1 Desember 2023 - 08:54

Jum’at Hari Ini Bawaslu Gelar Sidang Pelanggaran Administrasi Pelaporan Anwar Sholeh

Berita Terbaru

GOODNEWS

Komunitas IRL Jatim Bagikan Takjil di Bojonegoro

Minggu, 31 Mar 2024 - 12:29

BERITA

Kadal Ireng Bagikan 350 Takjil ke Masyarakat

Sabtu, 23 Mar 2024 - 14:00