oleh

Tekan Angka Kejahatan Pada Anak, Polres Tuban Tingkatkan Kepedulian Sosial

Polres Tuban Tekan Angka Kejahatan Anak Dan Tingkatan Misi Kepedulian Sosial Terhadap Anak

TUBAN. Netpitu.com – Kepolisian Polres Tuban, menggelar Forum Diskusi dengan tema Memutus Mata Rantai Kejahatan Terhadap Anak’ di Pendopo Krido Manunggal Kabupaten Tuban, Rabu, (17/10/2018).

Seminar dihadiri Komisi Nasional (Komnas) Perlindungan Anak, Arist Merdeka Sirait, Forkopimda Tuban, Jajaran Polres Tuban, Bhayangkari Tuban serta puluhan perwakilan siswa-siswi SMA/sederajat di Kabupaten Tuban acara yang diadakan di Pendopo cukup mendapat apresiasi dan banyak tanggapan dari pelbagai pihak.

Baca Juga :  Pekerjaan Proyek Pelebaran Jalan Nasional Bojonegoro - Balen Diduga Tak Sesuai RAB

Pada kegiatan tersebut, Kapolres Tuban, AKBP Nanang Haryono, S.H., S.I.K., M.Sii, menerima penghargaan dari Komnas Perlindungan Anak yang dinilai telah berhasil dalam menekan angka kejahatan terhadap anak hingga separo angka dari yang sudah dilaksanakan Kapolres sebelumnya. Disamping itu pula juga peran sertanya juga berhasil menggerakkan Bhayangkari untuk menjemput bola memberikan Akta Lahir.

“Saya sangat kagum kepada Polres Tuban karena selain menegakkan hukum secara rutin, Polres Tuban juga masih memberikan perhatian sosial kepada anak dan itu merupakan hal yang sangat menarik bagi kami,” terang Arist Merdeka Sirait.

Baca Juga :  Sebelas Tahun Netpitu Gelar Doa Tolak Bala'

Katanya pemberian Akta Lahir yang sudah dilakukan Polres Tuban tersebut menurutnya tidak seperti yang dianggap masyarakat biasa sebagai hal yang biasa dan sangat sederhana. Namun bagi Polres Tuban dan Komnas Perlindungan Anak pemberian Akta Lahir ini sangat penting karena itu merupakan salah satu dasar diakuinya hak anak.

Selain itu, Polres Tuban juga peduli dengan kesehatan anak, serta memberikan santunan kepada anak yatim. “Ini merupakan motivasi supaya semua¬† penegak hukum selain bertugas untuk menegakkan hukum sebuah tindak pidana hukum menjadi terang benerang tapi kepeduli sosial juga,” imbuhnya.

Baca Juga :  Catatan Kebudayaan : Cover Both Side

Sementara itu, Kapolres Tuban AKBP Nanang Haryono mengatakan sangat berterima kasih kepada Komnas Perlindungan Anak karena telah mengapresiasi program dari Polres Tuban dengan memberikan penghargaan  sebagai Kapolres Peduli Anak.

“Kedepan, kegiatan kepedulian sosial ini akan terus berlanjut hingga ke daerah-daerah pelosok, karena masyarakat sangat merasakan program ini,” terang Kapolres Tuban.

(met)