oleh

Penangkaran Rusa Malo Jadi Destinasi Wisata Pendidikan

BOJONEGORO. Netpitu.com – Lembaga Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PAUD) Raudlatul Athfal, Perwanida II Plumpang, Tuban, melaksanakan kunjungan dan pembelajaran tentang binatang rusa di BKPH ( Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan ), Malo, KPH) Kesatuan Pemangkuan Hutan Parengan, Senin dan Selasa 10 -11 Desember 2018.

Sebanyak 143 siswa R.A Perwanida II yang didampingi orang tuanya masing-masing dan 9 guru yang ikut serta mendampingi pembelajaran mereka kunjungannya.di bagi dua kelompok hari senin 77 siswa dan selasa 66 siswa.

Baca Juga :  Warga Desa Harus Waspadai Bahaya Narkoba

Pemberi Materi Sudarminto Kaur TU BKPH Malo dan dibantu oleh Masrap pawang rusa, memperkenalkan jenis – jenis rusa yang ada di pulau Jawa. Mereka mendapat banyak pembelajaran seperti cara rusa melahirkan dan berapa bulan rusa mengandung. Kegiatan dilanjukan dengan memberi makan rusa.

Kepala Sekolah Raudlatul Athfal Perwanida II Amik Robiatul Shoriyah mengatakan ini proses pembelajaran di lembaga pendidikan islam anak usia dini yang melibatkan seluruh aspek perkembangan anak supaya memberikan pengalaman lebih dekat pada anak tentang binatang rusa Jawa.

Baca Juga :  "Realfood" Supleman Yang Bisa Bantu Kesembuhan Pasien Covid-19 Lebih Cepat

Pennagkaran rusa ini sudah banyak diminati beberapa pengunjung dari berbagai sekolah lain dan dapat di kembangkan menjadi wisata edukasi dengan menambah beberapa fasilitas lain

Administratur KPH Parengan Badaruddin Amin mengatakan penangkaran rusa di BKPH Malo dengan Luas 0,4 Ha merupakan hasil kerjasama antara Perhutani Parengan dengan PT Pertamina EP Aset 4 Cepu Field dan Falkultas UGM.

Baca Juga :  Pasien Covid Terus Membludak, Apa Kerja Bupati ?

Pada tahun 2014 pada bermula mengambil 22 ekor rusa Jawa jantan dan betina sekarang berkembang menjadi 50 ekor sudah mendapat surat keputusan dari Balai Besar Koservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur ( BKSDA) tentang ijin menjual atau mengkonsumsi rusa.

Bagi yang ingin mengomsumsi atau membeli bisa menghubungi KPH Parengan.

(met)