oleh

Di Polda Jatim Bupati Bojonegoro Diperiksa Penyidik Selama 5 Jam

-BERITA-26 views

BOJONEGORO. Netpitu.com – Penyidik Subdit V Ditkrimsus Polda Jatim akhirnya lakukan klarifikasi dan memeriksa Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah, sebagai saksi terlapor dalam kasus dugaan pencemaran nama baik yang diadukan wakil bupati, Budi Irawanto.

Anna Mu’awanah yang diduga telah lakukan pencemaran nama baik Budi Irawanto dan keluarganya itu diperiksa selama lima jam pada Rabu (15/12/2021).

Pemeriksaan terhadap bupati Bojonegoro ini dibenarkan oleh Kabid Humas Polda Jatim Kombes Gatot Repli Handoko.

Dikutip dari kompas.com, menurut Kabid Humas Polda Jatim, Anna Mu’awanah menjalani pemeriksaan sekitar lima jam di ruang Siber Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jatim.

“Sudah diperiksa sebagai saksi. Pemeriksaan sekitar lima jam sejak pukul 10.00 WIB,” kata Gatot dikonfirmasi, Kamis (16/12/2021).

Diterangkan oleh Kabid Humas Polda Jatim Kombes Gatot Repli Handoko, pemeriksaan terhadap Anna terkait isi chat WhatsApp grup yang dianggap wakilnya sebagai fitnah dan menyerang pribadi serta keluarganya.

Diberitakan sebelumnya, wakil bupati Bojonegoro, Budi Irawanto, telah melaporkan bupati Bojonegoro, Anna Mu’awanah, atas dugaan tindak pidana pencemaran nama baik, penghinaan dan fitnah melalui media sosial, sebagaimana yang dimaksud dalam pasal 311 KUHP jo pasal 27 ayat 3 Undang-Undang nomor 19 tahun 2016 tentang perubahan atas Undang -Undang nomor 11 tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik.

Selain dilaporkan Budi Irawanto ke polisi, bupati Bojonegoro, Anna Mu’awanah, juga dilaporkan Caterrin Kumalasari Irawanto, putri Budi Irawanto, yang turut disebut-sebut oleh Anna Mu’awanah dalam chat terbuka di group whatsapp Jurnalis dan Informasi.

Di media WhatsApp group Jurnalis dan informssi Anna Mu’awanah secara terus terang menyerang Budi Irawanto, dengan mencemooh dan melontarkan pernyataan yang tidak sepatutnya diketahui oleh banyak orang.

Setelah pelaporan pencemadan nama baik ini sempat ditindaklanjuti oleh penyidik Satreskrim Polres Bojonegoro dengan memeriksa beberapa saksi.

Selanjutnya dengan alasan stabilitas politik dan keamanan, akhirnya kasus dugaan pencemaran nama baik yang melibatkan bupati Bojonegoro, Anna Mu’awanah sebagai terlapor penangannya diambil alih oleh Polda Jatim.

(*/ro)

Baca Juga :  Polres Bojonegoro Gali Motif Pelaku Pencurian Mobil Dinas Bupati