oleh

Ceria Ramadhan Berbagi Berkah di Madin Miftahul Huda

 

BOJONEGORO. Netpitu.com – Banyak cara untuk mengisi dan memaknai bulan Ramadhan, salah satunya dengan menggelar uji prestasi bakat santri. Seperti yang dilakukan oleh Madrasah Diniyah Miftahul Huda, Desa Genjor, Kecamatan Sugihwaras, Bojonegoro, yang menggelar acara Ramadhan Berkah dan Berbagi.

Sudah 9 hari ini suasana riuh rendah, sorak sorai, dan canda tawa penuh keceriaan mewarnai rona wajah santri-santri kecil yang datang dari 3 Kecamatan, Sumberejo, Sugihwaras dan Sukosewu. Ya, ke 120 santri itu tengah mengungkapkan rasa kebahagiaan dan kegembiraan selama mengikuti berbagai kegiatan lomba yang diseenggarakan Organisasi Santri Miftahul Huda, Desa Genjor, Kecamatan Sugihwaras, Bojonegoro.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, santri-santri Madrasah Diniyah Mftahul Huda selalu memberikan warna keceriaan dalam menjalani puasa Ramadhan dengan menggelar kegiatan uji prestasi bakat santri.

Mulai lomba Pidato, lomba melukis, lomba baca puisi, lomba kaligrafi, lomba baca kita, lomba nasyid, lomba hafid Qur’an, lomba Khotibiah dan lain-lain. Yang menarik sehari sebelum lomba berakhir santri peserta lomba diwajibkan bermalam di madrasah untuk mengikuti kegiatan sahur bersama, sholat subuh bersama, senam otak dan hydro teraphy.

Kegiatan lomba yang dimulai sejak 11 Juni hingga 19 Juni tersebut diselenggarakan secara mandiri tanpa keterlibatan FKDT (Forum Kepala Diniyah Takmiliyah) maupun Kementerian Agama Bojonegoro.

“ Kegiatan ini rutin digelar setiap tahun pada bulan Ramadhan, hanya saja Ramadhan tahun ini juga ada peserta dari Madrasah Diniyah luar Kecamatan. Lantaran kegiatan Ramadhan berbagi berkah tahun ini dibuka untuk peserta umum tingkat Madrasah Diniyah,” ujar Pujiono. S.Pd. kepada Netpitu.com di kantor Madrasah Diniyah Miftahul Huda, desa Genjor, Sugihwaras, Minggu (18/6).

Dilibatkannya peserta luar Madin Miftahul Huda, menurut Pujiono, hanya semata-mata lembaga Madin dari luar menginginkan adanya kebersamaan dalam langkah dan program kegiatan Ramadhan. Terlebih beberapa lembaga tersebut juga memiliki visi dan misi yang sama dalam pengelolaan lembaga Madrasah Diniyah.

Selain melaksanakan kegiatan lomba, kata Pujiono, hari terakhir lomba juga digelar pentas seni santri dan pembagian zakat kepada warga yang berhak menerima oleh para santri dan peserta lomba.

“ Ada 10 cabang lomba yang digelar untk meguji prestasi dan bakat para santri,” terang Pujiono, Pengasuh Madin Miftahul Huda.

Sedangkan untaian akhir kegiatan Ramadhan berbagi berkah, seperti biasa para santri akan melakukan takbir keliling bersama seluruh warga Desa Genjor dengan membawa lampion tradisional.

(Red)