oleh

210 Huffadz Ikuti Khotmil Qur’an Bil Ghoib Online Pemkab Tuban

TUBAN. Netpitu.com – Di tengah pandemi Covid-19 menimpa Kabupaten Tuban, sebanyak 210 orang hufadz (para penghafal Alqur’an) mengikuti Khotmil Qur’an bil ghoib Online di Pendapa Kridho Manunggal dan 20 Kecamatan Se-Kabupaten Tuban, Rabu (17/06/2020).

Kegiatan yang dihelat Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Tuban ini merupakan kegiatan pertama kali dilakukan di Bumi Wali.

Diharapkan kegiatan yang bernuansa religi ini mampu mengangkat wabah virus corona dari wilayah Kabupaten Tuban.

Bupati Tuban H. Fathul Huda menyatakan, daerah ini telah memiliki tokoh Al-Qur’an. Pada Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-28 Provinsi Jawa Timur, kafilah Tuban meraih juara umum. Prestasi ini menjadi motivasi untuk memaksimalkan potensi masyarakat.

“Membaca Alqur’an dapat menjadi obat baik fisik maupun rohani,” ungkap ulama yang masih gemar ceramah agama dari desa ke desa itu.

Pemkab Tuban memberi perhatian pada pengembangan Al-Qur’an, diantaranya, meningkatkan kesejahteraan ustadz/ustadzah dan pembangunan TPQ.

Selain itu telah ditetapkan Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2016 tentang pendidikan akhlak mulia dan Peraturan Bupati Nomor 5 Tahun 2018 tentang Gerakan Mengaji

“Tujuannya untuk mewujudkan generasi yang Qur’ani, serta Alqur’an tidak hanya menjadi hiasan di kantor maupun jalan, tapi menjadi hiasan perilaku masyarakat,” tutur Bupati Huda dalam kegiatan yang dihadiri Kepala Kantor Kemenag Tuban, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekda Tuban, serta sejumlah pimpinan OPD.

Kegiatan ini juga diikuti secara daring oleh 20 camat di kantor masing-masing.

Salah satu cerminan kepribadian Qur’ani, lanjut tokoh NU asal Montong itu, terbentuknya masyarakat yang saling memahami, tidak mementingkan egois masing-masing dan bergotong royong dalam berkehidupan.

“Dengan mengharap barokah membaca Alqur’an, dapat mengangkat Covid-19 dari Bumi Wali,” serunya.

Bupati dua periode ini juga memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini. Harapannya l Khotmil Quran dapat istiqomah diadakan dan berdampak pada masyarakat.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Tuban, Drs. Sahid, MM., dalam laporannya menyebutkan 210 huffadz terbagi menjadi 42 majelis (21 putra, 21 putri) yang tersebar di 20 kecamatan di Kabupaten Tuban. Khotmil Qur’an diselenggarakan untuk mendukung pelaksanaan visi misi Pemkab Tuban.

Di samping itu, guna memotivasi huffadz se-kabupaten Tuban untuk giat membaca Alqur’an.

“Sehingga dapat menumbuhkan masyarakat yang mencintai dan menjiwai Al-Qur’an,” ujarnya.

Sahid menambahkan kegiatan serupa akan dilaksanakan 3 bulan sekali dan akan dilakukan pendampingan dari LPTQ Tuban.

(met)