oleh

Keterlibatan PT Semen Indonesia Dalam Manasik Haji Kemenag Tuban Dipertanyakan

TUBAN. Netpitu.com – Meski mulai Selasa (17/7) kemarin rombongan calon jemaah haji mulai diberangkatkan ke Mekah namun bimbingan manasik haji terhadap 1.010 calon jamaah haji Kab. Tuban baru dilakukan. Manasik haji digelar di areal perumahan Semen Indonesia di Graha Sandya, Desa Bogorejo, Kecamatan Merakurak, Selasa, (17/7).

Hanya saja ada keanehan dalam penyelenggaraan manasik haji di Tuban ini. Jika biasanya penyelenggaraan manasik haji dilaksanakan oleh Kantor Kementerian Agama. Tetapi di Tuban Semen indonesia (SI) juga turut menjadi penyelenggara.

Keterlibatan Semen Indonesia sebagai penyelenggara manasik ini patut dipertanyakan. Lantaran kegiatan manasik haji merupakan kegiatan yang biaya pelaksanaannya sudah dibiayai oleh BPIH (Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji). Biaya bimbingan manasik haji sudah masuk dalam komponen BPIH yang dibayar calon jemaah haji ke perbankan dan dibayarkan kembali oleh pemerintah melalui penyelenggara haji di daerah ( kantor Kementerian Agama ) untuk pelaksanaannya.

Baca Juga :  Donor Darah Dinas Kehutanan Jatim, Perhutani KPH Parengan Sumbang Pendonor Terbanyak

Sejauh ini belum jelas sejauh mana ketrlibatan Semen Indonesia dalam penyelenggaraan manasik haji di Kabupaten Tuban ini. Apakah masuk sebagai sponsorship atau yang lainnya.

Menurut Kepala Kemenag Kabupaten Tuban, M. Syahid, kegiatan manasik masal yang diselenggarakan bersama Semen Indonesia ini sudah berlangsung beberapa tahun ini, dan kegiatan ini merupakan praktek untuk memantapkan para CHJ di Kabupaten Tuban sebelum nantinya diberangkatkan pada 31 Juli.

Baca Juga :  Donor Darah Dinas Kehutanan Jatim, Perhutani KPH Parengan Sumbang Pendonor Terbanyak

“Kegitan ini merupakan praktek untuk pemantapan para CJH di Kabupaten Tuban,” ujar M. Syahid kepada netpitu.com

Lebih lanjut dikatakan Syahid, tahun ini sebanyak 1.010 CJH asal Kabupaten Tuban akan diberangkatkan pada 31 Juli nanti yang terdiri dari tiga kloter.

Kloter 42 berjumlah 445 CJH dan Kloter 42 berjumlah 445 CJH sedangkat pada kloter 43 berjumlah hanya 120 orang sehingga digabung bersama CJH asal Pacitan, Bojonegoro dan Gresik.

Baca Juga :  Donor Darah Dinas Kehutanan Jatim, Perhutani KPH Parengan Sumbang Pendonor Terbanyak

“Dibanding tahun lalu, jumlah CJH tahun ini ada peningkatan dari tahun lalu 915 dan sekarang menjadi 1.010,” tambahnya.

Sementara itu, Direktur Utama (Dirut) PT. Semen Gresik Syaifudin, sangat mengapresiasi kerjasama yang dilakukan bersama dengan Kemenag Kabupaten Tuban ini.

“Semoga dengan mengikuti kegiatan praktek haji secara massal ini dapat semakin memantapkan niat dan semangat para calon jamaah haji khususnya dari Kabupaten Tuban dalam menjalankan ibadah di tanah suci Mekkah Al Mukaromah”, katanya.

(gio)