Kinerja Tim Faslitasi Izin Pasar Ngampel Jauh Panggang Dari Api

- Tim

Jumat, 19 Juni 2020 - 08:28

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

BOJONEGORO. Netpitu.com – Meski Tim fasilitasi permohonan izin pemanfaatan Tanah Kas Desa Ngampel, Kecamatan Kapas, Bojonegoro, untuk pembangunan pasar Desa Ngampel, Kecamatan Kapas, telah terbentuk 5 bulan lalu namun hasil kerja tim tersebut masih jauh panggang dari api.

Lantaran hingga sekarang tim yang ditetapkan dengat Keputusan Bupati Bojonegoro, Nomor 188/36/KEP/412.013/2020, tanggal 25 Januari 2020, belum melakukan tugasnya sebagaimana tujuan diterbitkannya SK bupati tersebut.

Dalam SK bupati disebutkan tugas tim diantaranya adalah melakukan kajian dan pembahasan bersama tentang kelanjutan proses permohonan izin pemanfaatan Tanah Kas Desa Ngampel untuk pembangunan pasar Desa Ngampel, berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan dan memperhatikan hasil LO ( Legal Opinion ) tim pengacara negara pada Kejaksaan Negeri Bojonegoro.

ADVERTISEMENT

ads

SCROLL TO RESUME CONTENT

Selain itu, tim juga bertugas menetapkan besaran nilai kontribusi yang harus ditetapkan dalam perjanjian dalam kerjasama antara pemerintah desa dengan pihak investor pelaksana pembangunan pasar desa Ngampel sebagaimana ketentuan yang berlaku.

Baca Juga :  Music Live Style dan Gaya Ngopi di Waroeng PK

Selanjutnya tim juga bertugas melakukan pengkajian dan pembahasan terhadap substansi pasal per pasal perjanjian antara pemerintah desa Ngampel dengan pihak investor pelaksana pembangunan pasar desa Ngampel sebagaimana ketentuan yang berlaku.

Dan memberikan saran dan pertimbangan sebagai dasar persetujuan atau penolakan atas permohonan izin pemanfaatan oleh pemerintah Desa Ngampel, Kecamatan Kapas, Bojonegoro. Yang terakhir tim melaporkan tugasnya kepada bupati Bojonegoro.

Dari beberapa tugas tim, seperti membuat kajian dan pembahasan bersama kelanjutan proses permohonan izin pemanfaatan Tanah Kas Desa Ngampel untuk pembangunan pasar Desa Ngampel, telah dilakukan oleh tim.

Demikian pula untuk pengkajian dan pembahasan terhadap substansi pasal per pasal perjanjian antara pemerintah desa Ngampel dengan pihak investor pelaksana pembangunan pasar desa Ngampel, juga telah dilaksanakan oleh tim yang diketuai Djoko Lukito,

Sedangkan untuk tugas menetapkan besaran nilai kontribusi yang harus ditetapkan dalam perjanjian dalam kerjasama antara pemerintah desa dengan pihak ketiga hingga kini belum bisa dikerjakan oleh tim.

Baca Juga :  Wabup Bojonegoro Hadir di Partnership Gathering Vokasi UGM

Macet di meja.

Kendala yang dihadapi tim dalam penyelesaian tugas menetapkan besaran kontribusi pendapatan desa ada pada belum adanya respon bupati terhadap laporan kajian dan pembahasan yang diserahkan tim kepada bupati.

Sehingga tim yang diamanati untuk menetapkan besaran kontrihusi pendapatan desa itu tidak dapat meneruskan tahapan langkah kerjanya.

Sesuai tahapannya, tim akan mengundang Pemdes dan pihak investor untuk mensosialisasikan hasil kerja tim dan memberitahukan adanya lembaga jasa publik, Sucofindo, yang dipilih untuk melakukan penghitungan besaran kontribusi pendapatan desa.

Namun apa daya, tanpa ada restu dari bupati tim tak bisa melangkah untuk melanjutkan proses fasilitasi permohonan izin pemanfaatan Tanah Kas Desa untuk Bangun Guna Serah Pasar Desa Ngampel.

Bukankah tim tersebut dibentuk dan bekerja sesuai SK bupati. Kenapa harus menunggu respon (perintah) lagi dari bupati ?.

Baca Juga :  Bupati Temui Warga Penerima PKH

Monitoring Ombudsman.

Tujuh bulan sebelumnya Ombudsman RI perwakilan Jawa timur pernah melakukan monitoring penyelesaian laporan dugaan maladministrasi penundaan izin berlarut penerbitan izin pasar desa Ngampel.

Dengan hasil pemeriksaan yang tertuang dalam Berita Acara Pemeriksaan, Pemerintah Kabupaten Bojonegoro agar segera membentuk tim sesuai Permendagri Nomor 1 tahun 2016 dan melaporkannya kepada Ombudsman RI perwakilan Jawa timur.

Seperti diketahui tugas tim sesuai Permendagri No. 1 tahun 2016 adalah menetapkan besaran nilai kontribusi pendapatan desa setiap tahunnya dalam kerjasama Bangun Guna Serah pasar desa.

Hari ini, Jumat, 19 Juni 2020, Ombudsman kembali datang ke Bojonegoro, untuk memonitor sejauh mana kinerja tim yang dibentuk bupati tersebut telah melaksanakan tugasnya.

Sudahkah tim fasilitasi permohonan izin pemanfaatan Tanah Kas Desa tersebut telah bekerja sesuai harapan peraturan perundang-undangan ?. Khususnya SK bupati Bojonegoro, Nomor 188/36/KEP/412.013/2020 ?.

(Redaksi)

Berita Terkait

Copras – Capres 2024
Tampil Unik Peserta Lomba Nyanyi Lagu Kenangan Ini Dapat Hadiah Dadakan
Pers Pencasila dan Jurnalisme Patriotik
PKL Berbasis Proyek Solusi Alternatif Di Masa Pandemi Untuk SMK
Opini : Kebijakan Satu Pintu di Kantor Disdik Bojonegoro. Apa Maksudnya ?
Penonton Lomba Oklik Berjubel, Salah Siapa ?
Pilkada Tuban “Pertarungan 2 Raja”
Merebut Kembali Minyak Jonegoro

Berita Terkait

Selasa, 26 Maret 2024 - 11:09

Kemenag Bojonegoro Pastikan Kegiatan Belajar Mengajar di Madrasah Berjalan Normal

Sabtu, 23 Maret 2024 - 14:00

Kadal Ireng Bagikan 350 Takjil ke Masyarakat

Sabtu, 9 Maret 2024 - 21:31

Rayakan Annyversary ke 75, Persibo Dapat Hadiah Armada Bus Dari Sedulur Pitu

Jumat, 19 Januari 2024 - 11:25

Pengajuan Penetapan Nama Pada Ijazah Muk’awanah Tak Penuhi Norma Hukum Administrasi Kependudukan : Pengadilan Harusnya Menolak

Rabu, 6 Desember 2023 - 12:10

Sunaryo Abuma’in : LABH PPP Layani Pendampingan dan Bantuan Hukum Gratis Pada Masyarakat

Senin, 4 Desember 2023 - 16:43

PPP Maksimalkan Peran Saksi di Setiap TPS

Senin, 4 Desember 2023 - 08:11

Menangkan Pemilu 2024 DPC PPP Masivkan Konsolidasi, Sosialisai ke Kader di Tingkat Kecamatan dan Desa

Jumat, 1 Desember 2023 - 08:54

Jum’at Hari Ini Bawaslu Gelar Sidang Pelanggaran Administrasi Pelaporan Anwar Sholeh

Berita Terbaru

GOODNEWS

Komunitas IRL Jatim Bagikan Takjil di Bojonegoro

Minggu, 31 Mar 2024 - 12:29

BERITA

Kadal Ireng Bagikan 350 Takjil ke Masyarakat

Sabtu, 23 Mar 2024 - 14:00