LSM Gempur : Proyek Rekontruksi Jalan Brenggolo – Sumengko, Bojonegoro Diduga Sarat Penyimpangan

- Team

Senin, 19 Juni 2023 - 16:25

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

BOJONEGORO. Netpitu.com – Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat ( LSM ) Gempur, Gusmat, meminta Dinas PU Bina Marga melakukan pengawasan maksimal terhadap pelaksanaan proyek rekontruksi jalan Brenggolo – Sumengko , Kecamatan Kalitidu, nilai Rp. 19,3 milyar, dengan pelaksana proyek PT. Rattan Priya Tanaya. Lantaran dalam pengamatan pekerjaan di lapangan terdapat beberapa item ketidaksesuaian spesifikasi pekerjaan sehingga berpotensi menimbulkan kerugian keuangan negara.

Diungkapkan Gusmat, beberapa item yang diduga tidak sesuai spek tersebut diantaranya, pada pelebaran jalan diduga tidak ada penggalian tanah untuk pelebaran jalan, dan diduga tidak ada urugan tanah pilihan ( puddel ) untuk lapis urugan pelebaran badan jalan.

Pada hamparan Lapis Pondasi Agregat kelas A ( LPA ) untuk membentuk badan jalan ( leveling ) pelaksanaannya tidak merata karena butiran atau agregat kasar banyak yang terlepas ( tidak menyatu dengan agregat halus ). Selain itu, hamparan LPA kelas A diduga tidak dilakukan pemadatan dengan menggunakan alat tandem dan tidak dilakukan penyiraman air.

Selanjutnya, kata Gumat, untuk pekerjaan strouse pelaksanaannya tidak sempurna karena pengerjaan strouse dilakukan setelah pekerjaan lantai kerja ( B 0 ) dilaksanakan. Hal ini ditemukan di lapangan di atas permukaan lantai kerja, dengan lobang pengeboran tanpa terpasang besi strouse dan diduga kedalamannya tidak memenuhi spek.

Lebih lanjut dikatakan Gusmat, temuan selanjutnya di lapangan, adanya lantai kerja yang ketebalannya tidak merata atau tidak beraturan. Seharusnya lantai kerja dibuat 10 Cm merata, karena jika tidak, akan membuat hasil ketebalan lantai kerja tidak sama.

Baca Juga :  Raih Penghargaan Kebebasan Pers, Jokowi Minta Media Perangi Hoax

Menurut hasil pengamatan LSM Gempur, ada beberapa titik di badan jalan dalam kondisi lengkung ( R ) sehingga penulangan besi menjadi melebar yang menjadikan jarak penulangan besi tidak sempurna, karena tidak dilakukan penyambungan/ penyetekan. Jika itu dibiarkan seperti itu akan mengakibatkan terbentuknya keretakan pada segmen beton dan akan mempengaruhi fungsi dowel serta mengurangi kualitas mutu beton itu sendiri.

Atas temuan pekerjaan proyek rekontruksi jalan desa Brenggolo – Sumengko tersebut, ketua LSM Gempur meminta Dinas PU Binar Marga Bojonegoro untuk memerintahkan pelaksana proyek melakukan pekerjaan ulang agar kualitas pekerjaan proyek menjadi baik. Lantaran jika tidak, dasar ketahanan proyek tidak terjamin dan kualitasnya menjadi sangat buruk.

Baca Juga :  Sebanyak 160 Warga Desa Ngampel Unjuk Rasa Bupati Bojonegoro

” Ujung-ujungnya tujuan pembangunan tidak tercapai dan hanya menguntungkan pelaksana proyek. Sebaliknya, keuangan negara sangat dirugikan,” ujar ketua LSM Gempur, Gusmat.

Seperti diberitakan netpitu.com sebelumnya kualitas pekerjaan proyek rekontruksi jalan Brenggolo – Sumengko, Kecamatan Gayam, dengan nilai Rp. 19,3 milyar yang dikerjakan PT. Rattan Priya Tanaya, diduga tidak sesuai spesifikasi pekerjaan proyek.

( ro )

Berita Terkait

Idhul Adha, SMKN 1 Bojonegoro Potong 5 Ekor Sapi Qurban
Sekda Nurul Azizah Sapa Ribuan Warga di Pengajian Ning Umi Laila
Kemenag Bojonegoro Pastikan Kegiatan Belajar Mengajar di Madrasah Berjalan Normal
Kadal Ireng Bagikan 350 Takjil ke Masyarakat
Rayakan Annyversary ke 75, Persibo Dapat Hadiah Armada Bus Dari Sedulur Pitu
Pengajuan Penetapan Nama Pada Ijazah Muk’awanah Tak Penuhi Norma Hukum Administrasi Kependudukan : Pengadilan Harusnya Menolak
Sikapi Pencoretan Caleg, DPC PPP Laporkan KPUD dan Bawaslu Kab. Bojonegoro ke DKPP
PPP Maksimalkan Peran Saksi di Setiap TPS

Berita Terkait

Senin, 10 Juni 2024 - 11:47

408 Kades nek Bojonegoro Masa Jabatane Ditambahi 2 Taun

Selasa, 4 Juni 2024 - 20:43

Banyak Masalah, PDIP Minta Pemerintah Batalkan PP No. 21 Tahun 2024 Tentang Tapera

Jumat, 19 Januari 2024 - 11:25

Pengajuan Penetapan Nama Pada Ijazah Muk’awanah Tak Penuhi Norma Hukum Administrasi Kependudukan : Pengadilan Harusnya Menolak

Jumat, 8 Desember 2023 - 19:29

Sikapi Pencoretan Caleg, DPC PPP Laporkan KPUD dan Bawaslu Kab. Bojonegoro ke DKPP

Rabu, 6 Desember 2023 - 12:10

Sunaryo Abuma’in : LABH PPP Layani Pendampingan dan Bantuan Hukum Gratis Pada Masyarakat

Senin, 4 Desember 2023 - 16:43

PPP Maksimalkan Peran Saksi di Setiap TPS

Senin, 4 Desember 2023 - 08:11

Menangkan Pemilu 2024 DPC PPP Masivkan Konsolidasi, Sosialisai ke Kader di Tingkat Kecamatan dan Desa

Jumat, 1 Desember 2023 - 08:54

Jum’at Hari Ini Bawaslu Gelar Sidang Pelanggaran Administrasi Pelaporan Anwar Sholeh

Berita Terbaru

PENDIDIKAN

Job And Edu Fair SMKN 1 Diserbu Peminat Kerja Bojonegoro

Selasa, 11 Jun 2024 - 11:03

POLITIK DAN PEMERINTAHAN

408 Kades nek Bojonegoro Masa Jabatane Ditambahi 2 Taun

Senin, 10 Jun 2024 - 11:47