Pemkab Tuban Masuk Nominasi Indonesia’s Attaractiveness Index (IAI) 2018

- Tim

Kamis, 19 Juli 2018 - 23:44

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

JAKARTA. Netpitu.com – Setelah melalui beberapa tahap penilaian yang dilakukan oleh TEMPO media group bersama Frontier Consulting group, Kabupaten Tuban masuk sebagai nominasi Kabupaten Terbaik dalam kategori Pelayanan Publik dalam ajang Indonesia’s Attractiveness Index 2018.

Bertempat di Gedung Tempo lantai 8 Palmerah Barat Jakarta, Selasa (17/7), Wakil Bupati Tuban, Ir. H. Noor Nahar Hussein, M.Si, memaparkan program, kebijakan dan inovasi yang telah dilakukan oleh Kabupaten Tuban di hadapan dewan juri yang terdiri atas Bambang Harimurti, CEO TEMPO group; pengamat ekonomi, Faisal Basri; Prof Martani dari Universitas Indonesia (UI), dan Prof. Karunia Mulia Firdaus dari Universitas Tujuh Belas Agustus (UNTAG) Surabaya.

Noor Nahar Hussien mengupas tentang pelayanan publik di Kabupaten Tuban, bidang administrasi/rujukan pelayanan umum dari urusan kependudukan sampai dengan kemudahan dalam perizinan.

ADVERTISEMENT

ads

SCROLL TO RESUME CONTENT

Selain itu juga di terangkan mengenai pelayanan publik kebutuhan dasar masyarakat yang terdiri dari 6 aspek diantaranya Pendidikan; Kesehatan; Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang; Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman; Ketentraman, Ketertiban Umum Dan Perlindungan Masyarakat serta Sosial.

Dikatakan bahwa saat ini nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Kabupaten Tuban memiliki nilai B atau masuk dalam kategori Baik.

Baca Juga :  Hindari Abrasi Bupati Tuban Bersama Dan Lantamal V Tanami Pantai Dengan Cemara

Untuk mewujudkan pelayan publik yang baik Pemkab Tuban melakukan beberapa hal diantaranya dengan membentuk UPTD Pelayanan Perizinan Terpadu pada Dinas Penanaman Modal, PTSP dan Tenaga Kerja dengan tipe A.

Sedangkan untuk mempercepat proses penerbitan perizinan dengan melimpahkan penandatanganan 65 (enam puluh lima) perizinan di Kabupaten kepada Kepala Dinas PM, PTSP dan Naker serta pelimpahan wewenang Bupati kepada Camat dan pembentukan Kecamatan PATEN (Pelayanan Terpadu Kecamatan).

Selain itu dilaksanakan pula kegiatan pencapaian Sertifikasi ISO 9001:2015 Sistem Manajemen Mutu pada unit pelayanan publik yang ada di Tuban serta bekerjasama dengan Lembaga Administrasi Negara (LAN) dalam rangka Pelaksanaan Laboratorium Inovasi Pelayanan Publik  sebagai tindak lanjut pencanangan  program “One Agency One Innovation” untuk menciptakan inovator-inovator di bidang pelayanan publik.

Di Bidang Pendidikan, Wabup menjelaskan tentang program unggulan Pemkab Tuban dalam membentuk Karakter Siswa mulai Pendidikan Usia Dini dengan Pembudayaan dan Penguatan Karakter Siswa yang Tersistem, Terstruktur dan Masif yang dikuatkan dengan Perda tentang Akhlak Mulia dan Perbup tentang Gerakan Mengaji.

Sementara itu di bidang Kesehatan saat ini difokuskan pada pemenuhan pelayanan kesehatan dasar masyarakat dan pelayanan optimal kepada ibu bersalin.

Baca Juga :  Setelah Terima SK PPPK 479 Harus Patuhi Peraturan Pemkab

Dalam kesempatan ini diterangkan pula tentang unggulan program bidang PUPR, yaitu dalam pemenuhan kebutuhan air minum sehari-hari masyarakat dengan Program air minum masuk rumah (Proamanah).

Selain itu  juga dengan penetapan Kawasan tanpa Rokok dan Kawasan Terbatas Rokok. Selanjutnya dalam bidang PRKP, Pemkab Tuban menyediakan rumah layak huni untuk 22.000 KK di Kabupaten Tuban dan Penanganan Kampung Kumuh menjadi Kampung Warna dan berseri.

Di bidang Trantib dan Linmas, di Kabupaten Tuban telah tersedia layanan On Call pada Satuan Polisi Pamong Praja dalam penegakan Perda, serta tersedia pula Sitem kinerja peringatan dini bencana pada BPBD Kabupaten Tuban.

Dalam Bidang Sosial Pemkab Tuban mengoptimalkan Perlindungan jaminan sosial dengan KISDA, Pemberdayaan Fakir Miskin Dan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS), Pembantukan Desa Model Pengentasan Kemiskinan serta membuat fasilitas pelayanan untuk disabilitas.

Sementara itu, juri dari Tempo, Bambang Harimurti mengungkapkan bahwa Provinsi, Kabupaten dan Kota yang melaksanakan tahap presentasia adalah yang terpilih dari serangkaian Survey, analisa dan kajian data yang telah dilaksanakan beberapa bulan yang lalu.

Tahap presentasi ini adalah untuk membuktikan hasil survey dan analisa sesuai dengan kondisi nyata yang digambarkan secara visual yang didukung data teknis.

Baca Juga :  Aksi Spektakuler Presiden Jokowi di Pembukaan Asian Games 2018

Senada dengan itu, CEO Frontier Consulting Group, Handi Irawan mengatakan bahwa penilaian terhadap daerah terbaik menggunakan empat dimensi yakni, bidang investasi, bidang infrastruktur, bidang pelayanan publik dan bidang pariwisata.

Dari keempat dimensi itu, maka dihasilkan Indonesia’s Attractiveness Index yang digunakan untuk melakukan pemeringkatan daerah terbaik dan potensial.

Handi menuturkan, empat dimensi penilaian itu dipertahankan dari tahun ke tahun agar terdapat kontinuitas penilaian. Sehingga, para pemimpin daerah mampu melihat rekam jejak mereka.

Dan melalui penghargaan ini diharapkan dapat menyadarkan pemerintah daerah bahwa mereka memiliki tanggung jawab yang besar terhadap perkembangan daerahnya. dari sini bisa lihat juga strategi apa yang tepat untuk memajukan daerahnya.

Pada setiap kategori tersebut akan dipilih Top 2 ‘terbaik’ dan Top 2 ‘potensial’ untuk Provinsi, Kabupaten dan Kota. Setelah ditetapkan pemenangnya, akan dilaksanakan penyerahan penghargaan IAI 2018 yang dijadwalkan pada minggu kedua pada bulan September 2018.

Sebagai informasi, sejak mulai dilaksanakan Penghargaan IAI di Tahun 2015 yang lalu oleh Tempo Group, Kabupaten Tuban selama 3 Tahun berturut-turut tidak pernah absen meraih Penghargaan tersebut, dan tahun ini Kabupaten Tuban kembali masuk nominasi dalam kategori pelayanan publik.

(gio)

Berita Terkait

Komunitas IRL Jatim Bagikan Takjil di Bojonegoro
Ribuan Warga Karangpacar Ikuti Giat Jalan Santai Kampung Moderasi Beragama
Kadal Ireng Tour Healing Of Java
Peringati HJD ke 117 Tahun Desa Pacing Gelar Seni Tayub
Coldova Rock Band Goncang Lapangan Meliwis Putih
Kemeriahan Pesta Rakyat di RW 01 Kel. Ngrowo
Menjaga Kekompakan Brimob Olah Raga Bareng Kodim
Polres Bojonegoro Gelar Ngopi Bareng Dengan Media

Berita Terkait

Selasa, 26 Maret 2024 - 11:09

Kemenag Bojonegoro Pastikan Kegiatan Belajar Mengajar di Madrasah Berjalan Normal

Sabtu, 23 Maret 2024 - 14:00

Kadal Ireng Bagikan 350 Takjil ke Masyarakat

Sabtu, 9 Maret 2024 - 21:31

Rayakan Annyversary ke 75, Persibo Dapat Hadiah Armada Bus Dari Sedulur Pitu

Jumat, 19 Januari 2024 - 11:25

Pengajuan Penetapan Nama Pada Ijazah Muk’awanah Tak Penuhi Norma Hukum Administrasi Kependudukan : Pengadilan Harusnya Menolak

Rabu, 6 Desember 2023 - 12:10

Sunaryo Abuma’in : LABH PPP Layani Pendampingan dan Bantuan Hukum Gratis Pada Masyarakat

Senin, 4 Desember 2023 - 16:43

PPP Maksimalkan Peran Saksi di Setiap TPS

Senin, 4 Desember 2023 - 08:11

Menangkan Pemilu 2024 DPC PPP Masivkan Konsolidasi, Sosialisai ke Kader di Tingkat Kecamatan dan Desa

Jumat, 1 Desember 2023 - 08:54

Jum’at Hari Ini Bawaslu Gelar Sidang Pelanggaran Administrasi Pelaporan Anwar Sholeh

Berita Terbaru

GOODNEWS

Komunitas IRL Jatim Bagikan Takjil di Bojonegoro

Minggu, 31 Mar 2024 - 12:29

BERITA

Kadal Ireng Bagikan 350 Takjil ke Masyarakat

Sabtu, 23 Mar 2024 - 14:00