oleh

11 Orang Konfirmasi Covid Baru, 3 Diantaranya OTG

TUBAN. Netpitu.com – Jumlah konfirmasi positif Covid-19 masih sangat dinamis, angka kesembuhan yang terjadi masih di bayang-bayangi oleh penambahan konfirmasi positif baru.

Setelah dua hari terjadi penambahan Enam Belas Pasien Sembuh, hari ini empat pasien konfirmasi positif menyusul dinyatakan sembuh.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tuban, Endah Nurul Komariyati, ST. M.Kes menjelaskan bahwa empat pasien yang sembuh hari ini adalah Laki-laki (54) asal Plumpang, Perempuan (25) asal Tuban, Perempuan (32) asal Rengel dan Perempuan (26) asal Jatirogo.

“Namun adanya kesembuhan pasien ini masih diikuti oleh adanya penambahan kasus konfirmasi positif baru.” ujar Endah Nurul.

Adapun penambahan sebelas kasus konfirmasi positif baru berasal dari 7 PDP, 3 OTG dan 1 ODP yaitu 3 berasal dari Kecamatan Widang adalah Laki-laki (28) dan perempuan (49) serta Perempuan (43) yang sudah meninggal dunia tanggal 5 Juli 2020.

Selanjutnya masing- masing terkonfirmasi 1 Orang yaitu Laki-laki (48) asal Jenu, Perempuan (51) asal Kerek, Perempuan (62) asal Tuban, Perempuan (63) asal Semanding, Laki-laki (58) asal Plumpang, Laki-laki (28) asal Jatirogo, Perempuan (35) asal Tambakboyo dan Laki-laki (60) asal Bancar sudah meninggal dunia 8 Juli 2020.

Sementara itu, mulai hari ini peta sebaran yang dirilis oleh Gugus Tugas Kabupaten Tuban sudah berubah menyesuaikan dengan Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/413/2020 tentang Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease 2019 atau Covid-19.

“Penggunaan Istilah ODP, PDP dan OTG disesuaikan oleh Kemenkes dan digunakan istilah baru yaitu Suspect dan Probable. Sementara untuk confirm tetap digunakan.” terang Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban ini kepada netpitu.com.

Dari data peta sebaran tersebut jumlah Suspect adalah sebanyak 29 orang sedangkan jumlah confirm positif secara kumulatif adalah sebanyak 168 orang dengan keterangan 72 orang sembuh, 14 Meninggal Dunia dan 82 masih dalam perawatan dan isolasi.

(met)