oleh

Indahnya Replika Kapal Perompak Flying Ducthman Karya Napi Tuban Ini

TUBAN. Netpitu.com – Jeruji besi tidak sesalu membuat orang berputus asa, hilang harapan. Ibarat peribahasa hancur badan dikenang tanah budi baik dikenang jua.

Inilah yang dilakukan sejumlah napi di Lapas II B Tuban. Keinginannya agar tetap dikenang, dia berkarya dengan membuat sebuah replika atau miniatur kecil sebuah kapal telah dipajang di sebuah meja di ruang pajangan berbagai karya warga binaan Lapas tersebut. 

Karyanya banyak dilihat tamu-tamu undangan setelah selesai acara remisi tahunan pada HUT Kemerdekaan RI ke 73 di Lapas Tuban ini membuat decak kagum dan membuat pejabat forpimda Kabupaten Tuban bangga atas kreatifitas Warga Binaan Pemasyarakatan ini. 

“Karyanya adalah sebuah miniatur replika sebuah kapal pesiar mirip kapal ‘Vajoliroja (Flying Ducthman) yang digunakan aksinya Jack Sparrow dalam film Pirates Of The Carribean (adegan film action kisah Bajak Laut) yang dibintingi aktor terkenal  ‘Jonny Depp’,” kata Sugeng Indrawan, Kepala Lapas II B Tuban, Sabtu, (18/08/2018) ketika ditemui netpitu.com.

Pembuatnya adalah Ahmad Yani Bin Amin Sayfudin, pemuda dari Dusun Wedung, Desa Sedayu Lawas, Kecamatan Brondong Kabupaten Lamongan. Karyanya yang dipajang di meja diteras kantor lapas mendadak membuat tamu-tamu undangan kagum akan ketelatenannya menata satu demi satu berupa batangan kecil-kecil dari koran bekas.

“Saya amati dia memang warga yang paling sabar diantara banyak warga binaan di sini. Ternyata sifat tidak mau banyak bicara itu dituangkan membuat kapal itu kurang lebih satu bulan lamanya,” ungkap Sugeng Kalapas asal dari Purwokerto, Jawa Tengah ini. 

Ahmad Yani yang dinyatakan bebas per tanggal 17 Agustus 2018 kemarin ketika ditemui netpitu.com mengatakan saya hanya ingin meninggalkan sebuah karya yang selalu bisa dikenang semua teman-teman sesama WBP Lapas II B.

“Harapan saya, teman-teman setidaknya bisa meninggalkan yang baik di sini dan marilah menatap kehidupan baru selepas dari tahanan untuk menjadi warga Indonesia yang lebih baik demi Bangsa dan Negara Indonesia,” ungkapnya.

(gio)