oleh

28 Gunungan Meriahkan Hari Jadi Bojonegoro Ke 340

BOJONEGORO. Netpitu.com – Hari Jadi Bojonegoro ke 340 tahun dimeriahkan dengan acara Gerebeg Berkah Jonegoroan. Acara yang dimulai dari pengambilan api dari Kahyangan Api yang berada di Desa Sendangrejo Kecamatan Ngasem.

Setelah prosesi pengambilan api, kemudian api diarak menuju Bojonegoro. Api yang diambil dari Kahyangan Api dibawa oleh Camat Ngasem dan didampingi Camat Dander. Kemudian Api diserahkan kepada Ketua DPRD Bojonegoro atau yang mewakili, setelah itu baru Api diserahkan pada Bupati Bojonegoro dan Wakil Bupati Bojonegoro.

Setelah itu Api yang berasal dari Kahyangan Api diarak mengelilingi alun alun Bojonegoro beserta 28 gunungan yang berasal dari 28 Kecamatan yang ada di Kabupaten Bojonegoro.

Munzakir (19/20) Kepala Desa Sidodadi Kecamatan Sukosewu mengatakan bahwa Gunungan yang di bawa dari Kecamatan Sukosewu yang ikut memeriahkan acara Gerebeg Berkah Bojonegoro mulai pagi sampai siang hari dikerjakan secara gotong royong dan proses pembuatan Gunungan dilakukan di halaman rumah Kepala Desa.

“Pembuatan Gunungan secara gotong royong dan dibantu oleh UPTD Pertanian beserta para Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) serta anggota kelompok tani yang bertugas memikul Gunungan”, terang Kades Sidodadi Kecamatan Sukosewu.

Untuk ukuran Gunungan dari 28 Kecamatan semuanya sama, mulai tinggi Gunungan tapi untuk isi Gunungan menyesuaikan dari hasil bumi masing masing Kecamatan.

(pur)