oleh

Kapolres Sambil Berlari Bawa Api Abadi Kahyangan Api ke Pendopo Pemkab Bojonegoro

BOJONEGORO. Netpitu.com – Mengawali prosesi grebeg Bojonegoro, Jumat (19/10) siang tadi, dilakukan pengambilan “Api Abadi” dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Bojonegoro yang Ke 341, di sumber api alam, Kahyangan Api, Desa Ngunut.

Sebelum dilakukan pengambilan api abadi terlebih dulu sejumlah warga yang berpakaian adat Jawa melakukan prosesi ritual denngan memutari api abadi yang dilakukan oleh Camat Kecamatan Ngasem beserta seluruh Kepala Desa di Kecamatan Ngasem, serta sesepuh adat yang diikuti para seniman sinden.

Baca Juga :  Tambahan Lauk Pauk Bupati Diduga Langgar Perbup, Anwar Sholeh : SPJ-ne Modele Piye ?

Setelah mengambil api dari Kahyangan api, Camat Ngasem  Machmudin dan para punggawa abdi negada tersebut mengarak api dan membawanya ke Bojonegoro.

Sesampai di Desa Ngunut, Kecamatan Dander, api abadi diserahkan oleh Camat Ngasem kepada Camat Dander.

Baru kemudian sesampai di Bakorwil Bojonegoro, api abadi Kahyangan api tersebut diserahkan kepada Kapolres Bojonegoro AKBP Ary Fadly. Selanjutnya sambil berlari Kapolres Bojonegoto dengan beberapa rombingan membawa api abadi tersebut menuju kantor Pemkab Bojonegoro.

Baca Juga :  Hari Jadi Ke 344 Bojonegoro : Kemiskinan Ekstrem Dan Pendapatan Ekstrem Pejabat Daerah

Kapolres Sambil Berlari Bawa Api Abadi Kahyangan Api ke Pendopo Pemkab Bojonegoro.

Menurut Kapolres Bojonegoro, AKBP. Ary Fadly, SIK, MH, M.Si, tujuan dirinya turut serta berlari sambil membawa obor api abadi dari Balai Desa Ngunut, Kecamatan Dander, menuju pendapa Pemkab Bojonegoro, sebagai bentuk persembahan dari dirinya dan Polres Bojonegoro untuk warga Bojonegoro, yang sedang merayakan hari jadi Bojibegoro ke 341.

Baca Juga :  Usut Pengaduan Wabup Budi Irawanto, Polda Jatim Panggil 3 Saksi, 1 Saksi Tidak Datang

“Ini merupakan persembahan dari Polri, untuk seluruh warga masyarakat Kabupaen Bojonegoro.” tutur AKBP Ary Fadli.

(dan)