oleh

Dukung Sidak Wabup, Banteng Merah Putih Serukan Rakyat Bersatu Lawan Korupsi

-BERITA-21 views

BOJONEGORO. Netpitu.com – Banteng Merah Putih berikan dukungan penuh atas tindakan Inspeksi mendadak ( Sidak ) yang tengah dilakukan Wakil bupati Bojonegoro, Budi Irawanto, di beberapa lokasi proyek yang didanai APBD.

Sidak proyek, sudah seharusnya dilakukan oleh pejabat pemerintah untuk memastikan pekerjaan proyek dilakukan sesuai RAB dan spesifikasi mutu proyek. Sekaligus mencari tahu apabila ada hambatan teknis pada pekerjaan proyek yang tidak terselesaikan tepat waktu.

“Jangan ada yang punya anggapan Sidak Wabup itu sebagai ancaman atau tekanan yang menakutkan. Kalau pekerjaan proyeknya sudah sesuai spek, kenapa harus takut,” ujar Anwar Sholeh kepada netpitu.com, Minggu, 19/12/2021, di rumah tinggalnya.

Menurut ketua DPRD Bojonegoro 1999 – 2004 itu, seluruh elemen masyarakat dan stakeholder, baik itu media, penegak hukum maupun dewan perwakilan rakyat harus mendukung tindakan wakil bupati Bojonegoro.

Toh tujuan dari Sidak itu untuk memastikan bahwa proyek infrastruktur yang tengah dibangun Pemkab tersebut berkualitas baik dan tidak ada kecurangan dalam proses pengerjaan proyek.

“Kalau pekerjaan proyeknya baik, kualitasnya baik, kan hasilnya juga baik. Tentunya infrastrukturnya akan bertahan lama, tidak cepat rusak. Rakyat pun menjadi senang” ucap Anwar.

Tapi, jika pekerjaan proyek penuh kecurangan dan kualitasnya buruk, maka umur infrastruktur yang dibangun tidak akan lama alias cepat rusak, tandas Anwar.

Selanjutnya dikatakan Anwar, Sidak yang dilakukan wakil bupati, Budi Irawanto, ini merupakan giat cegah korupsi, jangan ditafsirkan macam-macam. ” Dan itu bagian dari tugas dan kewenangan Wabup sebagai pemimpin daerah,” ujarnya lebih lanjut.

Menanggapi adanya LSM yang menentang Sidak Wabup di lokasi proyek ini, Anwar mengatakan itu LSM yang jelas – jelas tidak berpihak pada rakyat. Ia pun tidak habis pikir, kok ada LSM yang seperti itu. Tidak memperjuangkan kebenaran, keadilan, dan kepentingan rakyat, tapi malah membela kepentingan konglomerasi yang cenderung curang.

“Ada Wabup Sidak proyek kok malah diancam akan didemo. Memangnya dia sendiri yang bisa demo. Ingat, rakyat sekarang sudah pintar dan bijak dalam menyikapi sesuatu. Kalau ada LSM modelnya seperti ini pasti akan tergilas,” tandasnya.

Politisi PDIP itu berharap, ada tindak lanjut secara riil pasca Sidak Wabup di lokasi proyek tersebut. Supaya Sidak Wabup tersebut memberikan manfaat nyata bagi perbaikan kualitas pelaksanaan pembangunan infrastruktur proyek di Bojonegoro.

(ro)

Baca Juga :  Penasehat Hukum Sebut Ada Kejanggalan Pada Penghentian Penyelidikan Kasus Dugaan Pencemaran Nama Baik Wabup