oleh

Petani Bojonegoro Panen Padi Perdana di Musim Penghujan

BOJONEGORO.Netpitu.com – Awal tahun warga Desa Kanten Kecamatan Trucuk Kabupaten Bojonegoro Jatim ,panen padi lebih awal dikecamatan trucuk ini yang panen baru dua Desa yaitu di Desa Sumbang timun kecamatan trucuk dan di Desa Kanten Kecamatan Trucuk .

Para petani di kecamatan Trucuk, Kuncoro  (60 ) mengaku turut merasakan kebahagian pada musim panen padi tahun ini. Karena hasil produksi padinya kali ini meningkat dua kali lipat dibandingkan musim tahun lalu.

Dibanding musim panen tahun lalu, harga gabah tahun ini lebih tinggi dan menguntungkan bagi petani.

‘Di tengah harga beras yang sangat melambung tinggi tentunya akan diikuti dengan kenaikan harga gabah. Harga beras per kilo dipasaran sekarang ini mencapai Rp.11.000,-” ujar Kuncoro.

Saat ini harga gabah basah  Rp.5.500,- per Kg. dan dibeli langsung oleh pedagang tengkulak disawah,  tambah Kuncoro warga Desa Sumbang Timun.

Menurut Kuncoro meningkatnya hasil produksi panen padi tahun ini, disebabkan karena pengairan yang baik ditambah lagi dengan curah hujan yang cukup. Selain itu, serangan hama tahun ini juga tidak terlalu banyak.

”Tahun lalu curah hujan kurang dan serangan hama cukup banyak. Tahun ini pengairan lancar karena curah hujan yang cukup,” terang Kuncoro.

(dan)