oleh

OPD dan Camat se Tuban Tanda Tangani Perjanjian Komitmen Berinovasi

TUBAN. Netpitu.com – Wakil Bupati Tuban, Ir. H. Noor Nahar Hussein bersama seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Camat se Kabupaten Tuban menandatangani Perjanjian Komitmen Berinovasi, Rabu,(18/04/2018) di ruang Rapat Setda Kabupaten Tuban.

“Ini menjadi tindaklanjut dari penandatanganan kerjasama Bupati Tuban dengan Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) Republik Indonesia awal April lalu,” kata Wabup.

Wabup juga menginstruksikan pimpinan OPD agar terus mendorong institusi dan stafnya memberikan pelayanan publik dengan maksimal. Lebih lanjut, Wabup meminta agar pelayanan publik yang diberikan hendaknya sesuai dengan tupoksi masing-masing OPD, karena hal itu akan menjadi salah satu tolak ukur daya saing satu kabupaten/kota dengan lainnya.

Baca Juga :  KAI Sediakan Layanan Test Covid GeNose di Stasiun Bojonegoro

“Daya saing suatu Kabupaten/ Kota ditentukan dari indeks kemudahan investasi dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) termasuk indeks kepuasan publik,” imbuh Wabup.

Pelayanan publik, utamanya di bidang administrasi juga termasuk poin penting dalam rangka percepatan reformasi birokrasi di Kabupaten Tuban. Hal itu berdasar dari evaluasi SAKIP yang telah dilakukan, yakni perlu adanya penyelarasan dari visi misi, RJMD, Renstra, sampai pada tingkatan paling bawah.

Baca Juga :  Sedulur Silat Bojonegoro Bareng Bagikan Takjil Pada Pengguna Jalan

Mantan Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Tuban ini juga berpesan kepada seluruh pimpinan OPD dan Camat untuk mengikuti dengan sungguh-sungguh sehingga inovasi dapat segera dilakukan. Selain harus mengembangkan inovasi, sesuai dengan demografi, karakteristik masyarakat di wilayahnya. Karena itu akan menjadi ciri khas inovasi dari masing-masing Kecamatan.

Sementara itu, Kepala Pusat Inovasi Pelayanan Publik LAN RI, Erfi Mutmainah, SS., MA., dalam paparannya menyatakan bahwa inovasi mejadi harga mati dalam rangka mewujudkan pemerintahan yang lebih baik lagi.

Baca Juga :  KAI Sediakan Layanan Test Covid GeNose di Stasiun Bojonegoro

“Percepatan dan akselerasi inovasi perlu terus ditingkatkan guna mewujudkan Indonesia sebagai negara besar tahun 2030,” tegas Erfi.

“Pemkab Tuban juga telah mengirimkan 6-7 inovasi ke pemerintah pusat. Oleh karena itu, pemerintah pusat mengapresiasi atas inovasi yang dikirimkan Pemkab Tuban,” seru Erfi yang disambut riuh tepuk tangan.

(gio)