oleh

Amankan Kampanye Terbukan Polres – Kodim Siapkan 450 Personil Pengaman

BOJONEGORO. Netpitu.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bojonegoro, mulai tanggal 20 Juni 2018 hingga 23 Juni 2018, selenggarakan tahapan kampanye rapat umum atau kampanye terbuka, pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bojonegoro.

Mengantisipasi pengamanan pelaksanaan kampanye terbuka tersebut, jajaran Polsres Bojonegoro akan menerjunkan sejumlah 450 personel anggota gabungan dari anggota Polri dan TNI.

KabagOps Polres Bojonegoro, Kompol Teguh Santoso SE, ditemui awak media ini di kantornya pada Selasa (19/06/2018) menjelaskan, jumlah total personel yang akan diterjunkan guna pengamanan kampanye rapat umum atau kampanye terbuka pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bojonegoro sebanyak 450 personel gabungan yang terdiri 250 personel anggota Polres Bojonegoro, 100 personel anggota Brimob Kompi C Bojonegoro dan 100 personel anggota TNI dari Kodim 0813 Bojonegoro.

Baca Juga :  Terapkan Nilai Kepesantrenan, Ribuan Santri di Jatim Doakan Ganjar Pranowo Presiden 2024

“Selain itu kami siagakan juga satu kompi anggota Polri cadangan di Mapolres Bojonegoro. Jika sewaktu-waktu diperlukan dapat langsung diterjunkan guna membantu pengamanan,” terang Kompol Teguh Santoso.

Kabag Ops menambahkan, bahwa rencana pengamanan kegiatan kampanye rapat umum atau kampanye terbuka tersebut, terbagi menjadi 4 ring, terdiri dari, ring 1, yaitu di atas panggung dan di sekitar panggung, termasuk pengamanan pasangan calon dan juru kampanye serta tim sukses pasangan calon.

Baca Juga :  Politisi Demokrat Ini Pertanyakan Kesejahteraan Masyarakat Dalam Kepemimpinan Bupati Anna

Sementara untuk ring 2, meliputi area lapangan atau tempat penyelenggaraan kegiatan, termasuk pengamanan terhadap para pendukung pasangan calon. Ring 3, mencakup area sekitar tempat pelaksanaan kegiatan atau di luar lapangan. Sedangkan ring 4, meliputi jalur yang akan dilalui para pendukung , baik dari wilayah timur, barat, selatan maupun utara.

“Untuk pengamanan jalur, diterjunkan anggota dari masing-masing polsek yang berada di jalur keberangkatan maupun kepulangan para pendukung pasangan calon.” terang Kabag Ops.

Sementara itu, Dandim 0813 Bojonegoro Letkol Arh Redinal Dewanto S. Sos, dalam gelar pasukan mengatakan, kegiatan ini merupakan langkah Kodim dalam mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan dalam pengamanan masa kampanye Pilbub Bojonegoro dan juga Pilkada Gubernur JATIM.

Baca Juga :  Bupati Bojonegoro di Papua Arep Laopo..?

“Dengan gelar pasukan ini kita siap bersinergi dengan Pemkab dan Polres Bojonegoro dalam mengantisipasi segala hal yang mungkin terjadi dalam tiap tahapan Pilbup dan Pilgub 2018 ini,” terang Dandim.

“Semoga dengan apa yang kita upayakan bersama seluruh Stakeholder akan menciptakan suasana kondusif dalam setiap tahapan Pilkada di Kabupaten Bojonegoro. Dan tetap junjung Netralitas TNI dalam setiap kegiatan,” pungkas Dandim.

(dan)