oleh

Dihantam Ombak 7 Nelayan Tewas di Perairan Pelawangan Puger

JEMBER. Netpitu.com – Akibat dihantam gelombang ombak tinggi, sebanyak 6 orang nelayan tewas, dan 7 orang nelayan lainnya hilang, di perairan Pelawangan Puger Kecamatan Puger, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Kamis (18/7) pukul 08.15 WIB.

Kapal nelayan Joko Berek yang tengah mengangkut 21 orang itu dihantam gelombang tinggi saat hendak pulang dan merapatkan perahunya ke pantai, Kamis (19/7).

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, mengatakan 8 orang awak kapal selamat, namun 6 orang awak kapal meninggal dunia, dan 7 orang awak kapal masih hilang.

Menurut Sutopo, kejadian berawal saat kapal motor Joko Berek bermaksud pulang dari melaut dan memasuki Pelawangan. Pukul 08.15 WIB ketika sudah memasuki Pelawangan Puger, Pukul 08.15 Wib. kondisi gelombang laut tinggi dan kapal motor tidak sanggup melaju membuat kapal terbalik di jalur masuk.

 

BPBD yang mendapat laporan tersebut langsung mengirimkan tim penyelamat dan bergerak melakukan evakuasi terhadap korban.

“Bagi nelayan agar selalu waspada dan hati-hati saat berlayar. Jika kondisi tidak memungkinkan hendaknya mengurangi aktivitas di laut sementara waktu,” kata Sutopo.

Bagi masyarakat umum yang akan berwisata di beberapa pantai hendaknya mengikuti saran dari petugas.

(wt)