Tuban Raih Juara Umum Jambore Kader Posyandu Jatim

- Tim

Sabtu, 20 Juli 2019 - 10:45

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Kabupaten Tuban mengukuhkan diri sebagai juara umum pada Jambore Kader Posyandu Balita yang digelar Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Timur di Batu 17-19 Juli 2019.

Kabupaten Tuban mengukuhkan diri sebagai juara umum pada Jambore Kader Posyandu Balita yang digelar Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Timur di Batu 17-19 Juli 2019.

TUBAN. Netpitu.com – Kabupaten Tuban kembali menorehkan prestasi di tingkat provinsi Jawa Timur. Kali ini, Kabupaten Tuban mengukuhkan diri sebagai juara umum pada Jambore Kader Posyandu Balita yang digelar Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Timur di Batu 17-19 Juli 2019.

Selain juara umum, delegasi yang berasal dari Dinkes Kabupaten Tuban juga menjuarai sejumlah kategori, yaitu Juara 1 Lomba Majalah Dinding; Juara 2 Lomba Penyuluhan; dan Juara 3 Lomba Vlog.

Hadir pada pembukaan Jambore Kader Posyandu Balita kali ini, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Jawa Timur, Arumi Bachsin Emil Elestianto Dardak mengungkapkan kader posyandu merupakan ujung tombak PKK dalam menggerakkan masyarakat, utamanya dalam membangun kesadaran akan perilaku hidup bersih dan sehat. Kader posyandu menjadi garda terdepan yang mampu memberikan pengaruh pada masyarakat untuk peduli pada kesehatan balita dan ibu hamil.

“Di samping itu kader berperan untuk selalu memantau kesehatan masyarakat melalui posyandu,” ungkapnya, Jum’at, (19/07/2019) melalui Sekretaris Dinkes Kabupaten Tuban, Hj. Endah Nurul K., ST yang diteruskan ke netpitu.com.

Arumi menyampaikan Jambore kader posyandu ini merupakan wahana untuk memberikan reward, edukasi dan refreshing bagi kader posyandu terbaik di Jawa Timur yang sebagai wakil dari 38 kabupaten atau kota. Momen jambore kader posyandu ini memberi ruang kepada para kader untuk menunjukkan kemampuan dan keterampilannya.

Selain itu, para kader juga bisa berkompetisi dalam berbagai lomba yang diselenggarakan. “Saya berharap para kader juga saling berbagi dan memberi inspirasi agar inovasi di posyandu selalu muncul dan berkembang, sehingga posyandu semakin menarik dan meningkat kinerjanya,” harapnya.

Melihat pentingnya peran para kader PKK dalam keikutsertaannya membangun kesehatan di tengah-tengah masyarakat, khususnya membangun posyandu, istri Wagub Jatim ini berharap agar acara jambore kader kali ini dapat dimanfaatkan dengan baik. Sebab, agenda rutin dua tahunan TP PKK Provinsi Jawa Timur ini bisa dijadikan wahana edukasi bagi para kader posyandu dari daerah kabupaten ataupun kota.

Baca Juga :  Bupati Tuban Lantik 273 Kades

Karena, sebut Arumi, selain berisi agenda penyuluhan, jambore ini juga sebagai ajang kesempatan untuk berbagi pengalaman dan inovasi sesama kader posyandu se-Jawa Timur. Sehingga, melalui jambore ini diharapkan dapat muncul berbagai inovasi yang dapat diimplementasikan di daerah mereka masing-masing.

Sementara itu, Sekretaris Dinkes Kabupaten Tuban, Hj. Endah Nurul K., ST., mengatakan prestasi kali ini tidak lepas dari peran serta dari ketua Tim pengerak PKK Kabupaten Tuban yang selalu mendukung setiap kegiatan terkait dengan kader Posyandu.

Tidak hanya itu, dukungan anggaran dari Pemerintah Kabupaten Tuban ke desa, juga tidak lepas dari pembinaan yang sudah dilakukan oleh Puskesmas-puskesmas dalam peningkatan kompetensi kader Posyandu desa.
Endah Nurul menambahkan pihaknya selalu intens melakukan pembinaan pada kader posyandu baik melalui pertemuan, rapat koordinasi lintas sektor dan lintas program, dan pelatihan kader.

Baca Juga :  Aksi Spektakuler Presiden Jokowi di Pembukaan Asian Games 2018

“Sekaligus melalui lomba Taman posyandu dan kegiatan jambore kader posyandu yang rutin dilakukan setiap tahun,” ungkapnya melalui what’s App ke media ini, Sabtu, (20/07/2019).

Sebelumnya, Dinkes Kabupaten Tuban juga telah menggelar Jambore Kader Posyandu tingkat Kabupaten Tuban yang diikuti 200 kader posyandu dari seluruh kecamatan pada 04 Juli lalu. Kegiatan ini dihadiri Ketua TP PKK Kabupaten Tuban, Hj. Qodiriyah Fathul Huda; Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Tuban; dan Kepala beserta pejabat Dinkes Tuban.

(met)

Berita Terkait

Komunitas IRL Jatim Bagikan Takjil di Bojonegoro
Ribuan Warga Karangpacar Ikuti Giat Jalan Santai Kampung Moderasi Beragama
Kadal Ireng Tour Healing Of Java
Peringati HJD ke 117 Tahun Desa Pacing Gelar Seni Tayub
Coldova Rock Band Goncang Lapangan Meliwis Putih
Kemeriahan Pesta Rakyat di RW 01 Kel. Ngrowo
Menjaga Kekompakan Brimob Olah Raga Bareng Kodim
Polres Bojonegoro Gelar Ngopi Bareng Dengan Media

Berita Terkait

Selasa, 26 Maret 2024 - 11:09

Kemenag Bojonegoro Pastikan Kegiatan Belajar Mengajar di Madrasah Berjalan Normal

Sabtu, 23 Maret 2024 - 14:00

Kadal Ireng Bagikan 350 Takjil ke Masyarakat

Sabtu, 9 Maret 2024 - 21:31

Rayakan Annyversary ke 75, Persibo Dapat Hadiah Armada Bus Dari Sedulur Pitu

Jumat, 19 Januari 2024 - 11:25

Pengajuan Penetapan Nama Pada Ijazah Muk’awanah Tak Penuhi Norma Hukum Administrasi Kependudukan : Pengadilan Harusnya Menolak

Rabu, 6 Desember 2023 - 12:10

Sunaryo Abuma’in : LABH PPP Layani Pendampingan dan Bantuan Hukum Gratis Pada Masyarakat

Senin, 4 Desember 2023 - 16:43

PPP Maksimalkan Peran Saksi di Setiap TPS

Senin, 4 Desember 2023 - 08:11

Menangkan Pemilu 2024 DPC PPP Masivkan Konsolidasi, Sosialisai ke Kader di Tingkat Kecamatan dan Desa

Jumat, 1 Desember 2023 - 08:54

Jum’at Hari Ini Bawaslu Gelar Sidang Pelanggaran Administrasi Pelaporan Anwar Sholeh

Berita Terbaru

GOODNEWS

Komunitas IRL Jatim Bagikan Takjil di Bojonegoro

Minggu, 31 Mar 2024 - 12:29

BERITA

Kadal Ireng Bagikan 350 Takjil ke Masyarakat

Sabtu, 23 Mar 2024 - 14:00