oleh

Tuban Raih Juara Umum Jambore Kader Posyandu Jatim

TUBAN. Netpitu.com – Kabupaten Tuban kembali menorehkan prestasi di tingkat provinsi Jawa Timur. Kali ini, Kabupaten Tuban mengukuhkan diri sebagai juara umum pada Jambore Kader Posyandu Balita yang digelar Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Timur di Batu 17-19 Juli 2019.

Selain juara umum, delegasi yang berasal dari Dinkes Kabupaten Tuban juga menjuarai sejumlah kategori, yaitu Juara 1 Lomba Majalah Dinding; Juara 2 Lomba Penyuluhan; dan Juara 3 Lomba Vlog.

Hadir pada pembukaan Jambore Kader Posyandu Balita kali ini, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Jawa Timur, Arumi Bachsin Emil Elestianto Dardak mengungkapkan kader posyandu merupakan ujung tombak PKK dalam menggerakkan masyarakat, utamanya dalam membangun kesadaran akan perilaku hidup bersih dan sehat. Kader posyandu menjadi garda terdepan yang mampu memberikan pengaruh pada masyarakat untuk peduli pada kesehatan balita dan ibu hamil.

“Di samping itu kader berperan untuk selalu memantau kesehatan masyarakat melalui posyandu,” ungkapnya, Jum’at, (19/07/2019) melalui Sekretaris Dinkes Kabupaten Tuban, Hj. Endah Nurul K., ST yang diteruskan ke netpitu.com.

Arumi menyampaikan Jambore kader posyandu ini merupakan wahana untuk memberikan reward, edukasi dan refreshing bagi kader posyandu terbaik di Jawa Timur yang sebagai wakil dari 38 kabupaten atau kota. Momen jambore kader posyandu ini memberi ruang kepada para kader untuk menunjukkan kemampuan dan keterampilannya.

Selain itu, para kader juga bisa berkompetisi dalam berbagai lomba yang diselenggarakan. “Saya berharap para kader juga saling berbagi dan memberi inspirasi agar inovasi di posyandu selalu muncul dan berkembang, sehingga posyandu semakin menarik dan meningkat kinerjanya,” harapnya.

Melihat pentingnya peran para kader PKK dalam keikutsertaannya membangun kesehatan di tengah-tengah masyarakat, khususnya membangun posyandu, istri Wagub Jatim ini berharap agar acara jambore kader kali ini dapat dimanfaatkan dengan baik. Sebab, agenda rutin dua tahunan TP PKK Provinsi Jawa Timur ini bisa dijadikan wahana edukasi bagi para kader posyandu dari daerah kabupaten ataupun kota.

Karena, sebut Arumi, selain berisi agenda penyuluhan, jambore ini juga sebagai ajang kesempatan untuk berbagi pengalaman dan inovasi sesama kader posyandu se-Jawa Timur. Sehingga, melalui jambore ini diharapkan dapat muncul berbagai inovasi yang dapat diimplementasikan di daerah mereka masing-masing.

Sementara itu, Sekretaris Dinkes Kabupaten Tuban, Hj. Endah Nurul K., ST., mengatakan prestasi kali ini tidak lepas dari peran serta dari ketua Tim pengerak PKK Kabupaten Tuban yang selalu mendukung setiap kegiatan terkait dengan kader Posyandu.

Tidak hanya itu, dukungan anggaran dari Pemerintah Kabupaten Tuban ke desa, juga tidak lepas dari pembinaan yang sudah dilakukan oleh Puskesmas-puskesmas dalam peningkatan kompetensi kader Posyandu desa.
Endah Nurul menambahkan pihaknya selalu intens melakukan pembinaan pada kader posyandu baik melalui pertemuan, rapat koordinasi lintas sektor dan lintas program, dan pelatihan kader.

“Sekaligus melalui lomba Taman posyandu dan kegiatan jambore kader posyandu yang rutin dilakukan setiap tahun,” ungkapnya melalui what’s App ke media ini, Sabtu, (20/07/2019).

Sebelumnya, Dinkes Kabupaten Tuban juga telah menggelar Jambore Kader Posyandu tingkat Kabupaten Tuban yang diikuti 200 kader posyandu dari seluruh kecamatan pada 04 Juli lalu. Kegiatan ini dihadiri Ketua TP PKK Kabupaten Tuban, Hj. Qodiriyah Fathul Huda; Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Tuban; dan Kepala beserta pejabat Dinkes Tuban.

(met)