oleh

Rantai Panjang Permintaan Air Bersih ke BPBD Bojonegoro, Warga Keburu Gering

BOJONEGORO. Netpitu.com – Dampak kekeringan mulai dirasakan warga Desa Bandungrejo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Bojonegoro. Akibatnya warga di seputar industri migas ini susah mendapatkan pasokan air bersih untuk kebutuhan mencuci dan memasak serta kebutuhan minum ternak dan Kebutuhan warga sendiri.

Menurut Kades Bandungrejo Sapani, kekeringan mengakibatkan warga susah mendapatkan air bersih. Wilayah yang susah mendapatkan air bersih berada di Rt 04, 05 dan 06.

Adapun sumur yang ada di Desa kami berjarak kurang lebih 1 KM dari rumah. Itupun airnya sudah mulai menyusut dan sumbernya tidak begitu bancar seperti hari biasanya.

Hingga saat ini, tambah Kades Bandungrejo, belum ada drooping air dari Pemkab.

Sementara itu di Desa Malingmati juga mulai sulit mendapatkan air bersih dikarenakan sumur warga sudah mulai mengering. Kalaupun ada sumur yang masih ada sumbernya warga harus berjalan kurang lebih 3 KM, yaitu di Sendang Doyo dekat kawasan hutan.

Di Desa Malingmati yang terancam kekurangan air bersih berada di Dukuh Bangle, Dukuh Kaliaren, Dukuh Kedungadem.

Badan Penanggulangan Bencana daerah (BPBD) Melalui Budi menyarankan pada Kades yang Desanya mengalami kekeringan agar supaya membuat surat yang ditujukan Kepada Bupati, dengan mengetahui Camat dan ditembuskan kepada BPBD  terkait permintaan drooping air bersih.

(dan)