oleh

Perpres No. 82 Tahun 2021 Angin Segar Bagi Pondok Pesantren

-BERITA-16 views

BOJONEGORO. Netpitu.com – Terbitnya Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2021 Tentang Pendanaan Bagi Penyelenggaraan Pondok Pesantren, merupakan kabar gembira bagi pendidikan yang ada di Pondok Pesantren. Lantaran berdasar payung hukum itu, Pondok Pesantren bisa mendapatkan bantuan dana dari Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Daerah.

“Perpres No. 82 Tahun 2021 ini kabar gembira untuk Pondok Pesantren,” kata Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Diniyah Pondok Pesantren (PD Pontren) Kantor Kementerian Agama (kankemenag) Bojonegoro, Zainal Arifin, Senin (20/09/2021).

Kasi PD Pontren Kantor Kemenag Bojonegoro menjelaskan, dengan ditandatanganinya Perpres 82 oleh Presiden Joko Widodo, sekarang Pemerintah Provinsi (Pemprov) dan Pemerintah Daerah bisa membantu pendanaan penyelenggaraan Pondok Pesantren. Namun, Pondok Pesantren yang bantuan adalah Pondok Pesantren terdaftar di Kemenag.

Baca Juga :  523 Catinbareng di Malem Songo

“Pondok Pesantren yang terdaftar harus mempunyai Piagam Statistik Pesantren (PSP),” imbuh Kasi PD Pontren Kemenag Bojonegoro kepada Netpitu.com.

Menurutnya Kasi PD Pontren Kemenag Bojonegoro, saat ini ada 50 Pondok Pesantren di Bojonegoro yang belum terdaftar di Kemenag. Sedangkan Pondok Pesantren yang telah terdaftar mencapai 315 Pontren.

“Oleh sebab itu, Kantor Kemenag Bojonegoro mengimbau agar para pengasuh Pondok Pesantren tersebut segera mendaftar ke Kemenag. Karena dengan begitu pendidikan Pondok Pesantren akan lebih diperhatikan oleh pemerintah”, tegas Kasi PD Pontren Kemenag Bojonegoro.

Baca Juga :  Merasa Dicemarkan Suara Bojonegoro Laporkan Wartawan ke Polres

Dikatakan pula bahwa, sumber dana Pondok Pesantren yang diatur dalam Perpres No. 82 Tahun 2021 Pasal 4, berasal masyarakat, Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, sumber lain yang sah dan tidak mengikat, dan dari Dana Abadi Pesantren.

“Dana Abadi Pesantren dimaksud, berasal dari dana abadi pendidikan. Dan ditujukan untuk keberlangsungan program pendidikan pesantren dalan rangka fungsi pendidikan Pondok Pesantren”, tandas Kasi PD Pontren Kemenag Bojonegoro.

Baca Juga :  Koramil Dander Lakukan Perbaikan Tanggul Ngunut

Kasi PD Pontren Kemenag Bojonegoro menambahkan, fungsi pendidikan Pondok Pesantren sebagaimana diatur di Pasal 3 ada tiga hal, yakni fungsi pendidikan, fungsi dakwah dan fungsi pemberdayaan masyarakat.

“Sementara, bentuk pendanaan penyelenggaraan pesantren, dapat berupa uang, barang dan atau jasa”, pungkas Kasi PD Pontren Kemenag Bojonegoro.

(pur)