oleh

Festival Gerabah Rendeng Upaya Kembangkan Produk Lokal

BOJONEGORO. Netpitu.com – Untuk kali pertama dalam sejarah warga Desa Rendeng, Kecamatan Malo, menggelar sebuah festival yang mengangkat dan mempromosikan potensi Desa yang menjadi warisan turun temurun sejak puluhan tahun lamanya.

Rabu Pahing ,21 Februari 2018 menjadi sejarah bagi Desa Penghasil gerabah dan aneka celengan ini. Festival Gerabah Rendeng Tahun 2018 digelar hari ini dengan berbagai semarak kegiatan.

Mujtaba salah satu panitia ketika dikonfirmasi Humas menjelaskan bahwa festival ini adalah dalam rangka mengenalkan potensi Desa Rendeng sebagai desa wisata dan penghasil kerajinan gerabah di Kabupaten Bojonegoro.

Baca Juga :  Zakat Fitrah Tahun Ini Ditentukan Sebesar 3 Kg Beras

Dijelaskan dalam festival ini nantinya akan ada beberapa agenda kegiatan yang puncak prosesi adalah kirab gerabah yang akan diikuti oleh Bupati Bojonegoro dan tamu undangan lainnya.

Selain kirab gerabah dalam festival ini juga akan digelar pembuatan gerabah dengan teknim putar secara massal. Menurut Mujtaba, peserta pembuatan gerabah nantinya akan diikuti oleh ratusan peserta.

Baca Juga :  Zakat Fitrah Tahun Ini Ditentukan Sebesar 3 Kg Beras

Ditambahkan Mujtaba digelar pula lomba mewarnai yang diikuti oleh siswa TK dan SD, pagelaran seni budaya, pameran gerabah, pameran UMKM dan IKM serta penandatangan prasasti gerabah yang akan dilakukan oleh Bupati Bojonegoro.

Berdasarkan pengamatan Humas di.lokasi festival sejak pagi warga yang datang dari luar Bojonegoro bahkan turut serta untuk menyaksikan festival gerabah yang baru kali pertama. Animo masyarakat begitu antusias untuk menyaksikan dan mengikuti.

Bahkan ratusan siswa tampak antusias mengikuti lomba melukis dengan media layah atau cobek . Seusai gelaran lomba dilaksanakan prosesi arak arakkan gerabah berbentuk gucci dan si Gogor yang menjadi maskot industri kreatif di Bojonegoro. Arak arakkan dimulai dari sentra gerabah kemudian menuju balai desa, disepanjang jalan juga disajikan pembuatan gerabah massal dengan metode putar.

Baca Juga :  Zakat Fitrah Tahun Ini Ditentukan Sebesar 3 Kg Beras

Bahkan peserta lomba lukis ada yang datang dari Kabupaten Lamongan, Blora dan beberapa daerah disekitar wilayah Kabupaten Bojonegoro.

(dan)