oleh

Festival Kartini Mulai Dari Masak Hingga Soal Kebaya

BOJONEGORO. Netpitu.com – Memperingati hari Kartini, perempuan Bojonegoro menggelar festival Kartini di gedung Serbaguna, Bojonegoro, Minggu, (21/42019).

Ketua panitia festival, Dyah Enggarrini Mukti, mengatakan setiap 21 April diperingati Hari Kartini, yang merupakan pejuang emansipasi perempuan di Indonesia yang berjasa bagi kesetaraan Gender.

Festival Kartini 2019 ini bertujuan, yang pertama sebagai sarana sosialisasi pakaian khas daerah agar mempunyai cara pandang yang sama.

Kedua untuk memberdayakan perempuan dalam meningkatkan SDMnya. Ketiga meningkatkan kesadaran para pria terkait emansipasi wanita dan yang keempat sebagai aksi nyata eksistensi perempuan di Bojonegoro.

Dalam Festival Kartini 2019 yang diselenggarakan 2 hari, tanggal 21 s/d 22 April 2019 ini, digelar juga beberapa kegiatan, antara lain: Seminar Tentang Pakaian Khas Daerah, Lomba Fashion Show, Lomba Cipta Menu berbasis potensi lokal, dan lain sebagainya.

Sebagai perempuan menurut Dyah, dengan profesi apapun tidak boleh melupakan perempuan sebagai ibu, sebagai pendamping suami dan sebagai pendidik anak-anak.

Karena semangat Kartini menjadi teladan bagi perempuan indonesia dan yang harus diingat, bahwa dalam memperjuangkan kesetaraan gender tidak melupakan kodratnya sebagai perempuan.

Selanjutnya Anna Mu’awanah berharap bahwa dengan semangat hari Kartini ini, kaum perempuan Bojonegoro dapat mengembangkan dirinya, menggali potensi diberbagai bidang, serta dapat mengikuti perkembangan yang semakin modern, bukan gaya hidupnya yang modern namun cara berfikirlah yang modern.

Hadir pula dalam acara itu Kepala Dinas Pariwisata Bojonegoro, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Ibu-Ibu Tim Penggerak kabupaten, Kecamatan, serta dari berbagai organisasi perempuan lainnya.

(pur)