Penanggung Jawab Proyek Rekontruksi Jalan Sumengko – Brenggolo Sebut Perencanaan Proyek Asal-asalan

- Team

Rabu, 21 Juni 2023 - 16:00

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

BOJONEGORO. Netpitu.com – Penanggung jawab proyek rekontruksi jalan Sumengko – Brenggolo, Azman, sebut perencanaan proyek rekontruksi jalan Sumengko – Brenggolo, Kec. Kalitidu, Bojonegoro, senilai Rp. 19 milyar, acak-acakan. Secara khusus, Azman, kepada netpitu.com menjelaskan bahwa perencanaan proyek dibuat asal-asalan, sehingga tidak bisa memenuhi target volume sesuai dalam kontrak.

Di kantor netpitu.com Azman, mengatakan dalam pengukuran yang dilakukan oleh pihak pelaksana kontruksi, panjang proyek jalan Sumengko – Brenggolo adalah 4.068 meter. Sementara itu, dalam dokumen kontrak yang panjang proyek jalannya ditentukan 3.558 meter, dengan lebar jalan 5 meter. Dengan demikian terdapat selisih panjang jalan 500 meter.

Baca Juga :  Khofifah Indar Parawansa All Out Menangkan Jokowi

Selisih panjang jalan tersebut oleh pihak pelaksana proyek sudah disampaikan ke dinas PU Bina Marga. Namun dinas PU Bina Marga tetap meminta pihak pelaksana proyek untuk membangun jalan sesuai pengukuran di lapangan ( 4.086 meter ).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Dengan adanya selisih panjang jalan 500 meter persegi tentunya akan membebani pihak pelaksana proyek, lantaran pihak pelaksana harus menyelesaikan pekerjaan proyek sebagaimana permintaan PU Bina Marga selaku pengguna anggaran.

Karena anggaran yang dipatok dihitung untuk proyek jalan rigid sepanjang 3,558 meter dan lebar 5 meter, maka pihak pelaksana meminta dinas PU Bina Marga melakukan perubahan volume pekerjaan. Karena anggaran yang ada dalam kontrak jelas tidak mencukupi untuk menyelesaikan pekerjaan proyek jalan rigid sepanjang 4.086 meter tersebut.

Baca Juga :  Bara JP Targetkan Kemenangan Jokowi-Maruf 70 Persen Di Bojonegoro

Atas persetujuan dinas PU Bina Marga, maka pihak pelaksana proyek akan mengurangi volume pada item-iem tertentu, seperti pengurangan pemasangan pekejaan U- ditch.

Sementara itu, untuk pelebaran jalan Sumengko – Brenggolo dikatakan Azman, memang dalam RAB dan gambar yang dibuat oleh konsultan perencana tidak ada pekerjaan penggalian tanah. Sehingga pihak pelaksana proyek tidak melakukan pekerjaan penggalian tanah.

Menurut Azman, pada pelebaran jalan dari exiting 3,8 meter menjadi 5 meter pada dokumen perencanaan dan RAB-nya tidak ada galian tanah untuk pelebaran jalan. Padahal, idealnya dalam pembuatan trase ( jalan ) baru, harus ada perkuatan pondasi jalan, untuk mendukung trafic yang semakin padat dan berat.

Baca Juga :  KPU - Disdukcapil Selesaikan Problem E-KTP Bagi Calon Pemilih Pemula

Demikian pula pada super elevasi ( R ), tikungan jalan dikatakan Azman, dalam pelaksanaan tehniknya seharusnya diperhitungkan juga, namun dalam RAB-nya tidak ada pekerjaan penyetekan besi pada wiremesh di kontruksi tikungan jalan.

Padahal sesuai tehnis pekerjaan jalan rigid, pada super elevasi ( R ) tikungan jalan dalam pelaksanaan tehniknya seharusnya diperhitungkan pemasangan wiremesh dan dowel dan juga harus dilakukan penyetekan besi.

( ro )

Berita Terkait

Pengurus MWC NU Kepohbaru dan Pengurus Ranting Se- Kec. Kepohbaru Dilantik
Polres Tuban Bakal Panggil Anna Mu’awanah Terkait Dugaan Laporan Palsu Ke Polisi
Idhul Adha, SMKN 1 Bojonegoro Potong 5 Ekor Sapi Qurban
Kemenag Bojonegoro Pastikan Kegiatan Belajar Mengajar di Madrasah Berjalan Normal
Kadal Ireng Bagikan 350 Takjil ke Masyarakat
Rayakan Annyversary ke 75, Persibo Dapat Hadiah Armada Bus Dari Sedulur Pitu
Pengajuan Penetapan Nama Pada Ijazah Muk’awanah Tak Penuhi Norma Hukum Administrasi Kependudukan : Pengadilan Harusnya Menolak
Sikapi Pencoretan Caleg, DPC PPP Laporkan KPUD dan Bawaslu Kab. Bojonegoro ke DKPP

Berita Terkait

Senin, 10 Juni 2024 - 11:47

408 Kades nek Bojonegoro Masa Jabatane Ditambahi 2 Taun

Senin, 10 Juni 2024 - 10:48

Masa Jabatan 408 Kades di Bojonegoro Diperpanjang 2 Tahun

Selasa, 4 Juni 2024 - 20:43

Banyak Masalah, PDIP Minta Pemerintah Batalkan PP No. 21 Tahun 2024 Tentang Tapera

Senin, 22 April 2024 - 13:11

Sekda Nurul Azizah Sapa Ribuan Warga di Pengajian Ning Umi Laila

Jumat, 19 Januari 2024 - 11:25

Pengajuan Penetapan Nama Pada Ijazah Muk’awanah Tak Penuhi Norma Hukum Administrasi Kependudukan : Pengadilan Harusnya Menolak

Jumat, 8 Desember 2023 - 19:29

Sikapi Pencoretan Caleg, DPC PPP Laporkan KPUD dan Bawaslu Kab. Bojonegoro ke DKPP

Rabu, 6 Desember 2023 - 12:10

Sunaryo Abuma’in : LABH PPP Layani Pendampingan dan Bantuan Hukum Gratis Pada Masyarakat

Senin, 4 Desember 2023 - 16:43

PPP Maksimalkan Peran Saksi di Setiap TPS

Berita Terbaru