oleh

Wabup Bojonegoro Hadir di Partnership Gathering Vokasi UGM

JAKARTA. Netpitu.com – Wakil Bupati Bojonegoro, Budi Irawanto hadir dalam acara Partnership Gathering Vokasi Universitas Gajah Mada yang dilasanakan di Merlynn Park Hotel Jakarta (20/11/2019).

Partnership Gathering Vokasi UGM ini dihadiri oleh Jajaran Rektorat Universitas Gajah Mada, Jajaran Dekanat dan pengajar di sekolah Vokasi UGM, Perusahaan dan korporasi, serta perwakilan asosiasi-asosiasi perusahaan.

Dekan sekolah Vokasi UGM Wikan Sakarinto, S.T., M.Sc., Ph.D menyampaikan bahwa kegiatan ini untuk meningkatkan kerjasama antara UGM dengan para mitra baik pemerintah daerah maupun dari korporasi.

Sekolah vokasi ini merupakan sekolah yang tidak hanya fokus pada satu bidang saja, dari berbagai bidang pendidikan. Acara ini untuk memperkenalkan vokasi UGM kepada pemda dan juga perusahaan.

Baca Juga :  SKln Dan IOF Pengcab Bojonegoro Berbagi 530 Paket Ramadhan

Ada beberapa program kerjasama diantaranya adalah kerjasama magang, kemitraan dalam workshop, serta penerimaan mahasiswa scholarsip.

Sekolah vokasi UGM adalah jurusan ilmu terapan yang mana biasa disebut D-4, lama perkuliahan selama 4 tahun namun lebih banyak praktek daripada materi. Kedepan kita juga akan menjalin kerjasama dengan negara thailand dimana kedepan kita menambah masa perkuliahan selama 1 tahun.

Dimana nanti mahasiswa kuliah 3 tahun di UGM dan 2 di Thailand. Sehingga nanti mahasiswa setelah lulus mendapatkan 2 ijazah yaitu ijazah D-4 dan juga ijazah S-2.

Baca Juga :  Sedulur Silat Bojonegoro Bareng Bagikan Takjil Pada Pengguna Jalan

Rektor UGM yang diwakilkan Direktur Pusat Inovasi dan Kebijakan Akademis UGM Dr. Hatma Suyatmojo, S. Hut. M. Si menyampaikan sekolah vokasi menyiapkan mahasisws yang siap kerja di perusahaan maupun industri.

Karena sejatinya sekolah vokasi menekankan pada pengembangan hard skill dan soft skill untuk menjadi sumber daya manusia yang kompeten. Karena sekolah vokasi menerapkan 40% teori dan 60% praktek.

Sehingga diharapkan dengan adanya sekolah vokasi ini dapat menjadi solusi bagi negara ini untuk menciptakan creator dan innovator baru. Sehingga bisa menciptakan lapangan pekerjaan baru.

Baca Juga :  KAI Sediakan Layanan Test Covid GeNose di Stasiun Bojonegoro

Wakil Bupati bojonegoro Budi Irawanto menyampaikan bahwa acara ini bagus bagi kita semua karena membuka wawasan baru tentang sekolah vokasi itu sendiri.

Diharapkan masyarakat Bojonegoro bisa untuk ikut program kemitraan dengan sekolah Vokasi UGM ini. Sehingga bisa meningkatkan taraf kualitas pelajar kita. Sehingga kedepan bisa menyumbang lapangan pekerjaan bagi Bojonegoro sendiri. Karena sejatinya sekolah vokasi mendorong untuk menjadi inovator dan juga creator.

(pur)