Pembagian ATM PIP Bojonegoro Tuntas

- Tim

Jumat, 21 Desember 2018 - 11:14

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

BOJONEGORO. Netpitu.com – Tahun 2018 ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia memberikan bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) dalam bentuk ATM kepada 3.468 untuk tahap IX dan X bagi siswa di Kabupaten Bojonegoro. Program tersebut diberlakukan sebagai upaya perluasan akses pendidikan yang merata dan berkualitas kepada setiap anak Indonesia.

Program ini juga secara khusus ditujukan kepada anak yang berasal dari keluarga miskin dan rentan miskin, serta yatim dan piatu. Melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP) dalam bentuk ATM, bantuan PIP dapat digunakan untuk membeli berbagai keperluan-keperluan pendidikan dan dapat membantu meringankan orang tua.

Baca Juga :  Kasun Semanding Desa Sandingrowo, Tuban Diberhentikan Warga Desa Bersyukur

“Sekarang anak-anak memegang KIP dalam bentuk ATM yang dapat memudahkan siswa dalam mencairkan dana manfaatnya. Untuk para siswa di Sekolah Dasar karena ada beberapa tidak bisa mengambil uangnya sendiri di ATM, maka para orang tua dan guru diharapkan dapat mendampingi siswa tersebut,” pesan Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) dari Kemendikbud RI.

ADVERTISEMENT

ads

SCROLL TO RESUME CONTENT

Terpisah, Eko Staf Pendidikan Dasar Kantor Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bojonegoro mengatakan, jumlah siswa dan warga belajar penerima PIP di Kabupaten Bojonegoro, pada jenjang pendidikan Sekolah Dasar (SD) pada tahap IX dan X diberikan kepada 3.468 siswa.

Baca Juga :  "Berprestasi" Enam Guru Kepala Sekolah Dapat Penghargaan Dari Disdik

“Hari ini kita menyerahkan secara simbolis kepada 27 siswa SD yang berasal dari Kecamatan Trucuk dengan didampingi petugas dari LPMP Kemendikbud RI serta petugas dari Cabang BRI Bojonegoro. Semuanya lancar dan sudah teraktivasi oleh pihak Bank yang ditunjuk oleh Kemendikbud RI”, jelas Staf Pendidikan Dasar Disdik Bojonegoro.

Eko menambahkan, untuk siswa SD di Kabupaten Bojonegoro yang menerima KIP tahun 2017 kemarin semuanya sudah 100 persen serta sudah teraktivasi oleh pihak Bank, sedangkan pada tahun ini sudah 98 persen tersalurkan serta sudah teraktivasi oleh pihak Bank. Dalam pencairan KIP di Bojonegoro ini pihak Bank yang ditunjuk oleh Kemendikbud RI adalah pihak Bank BRI.

Baca Juga :  Kuasa Hukum BS Minta Sidang Dugaan Korupsi BKKD Bojonegoro Digelar Tatap Muka

Seperti diketahui bersama, tujuan dari Pemerintah RI dalam hal ini Kemendikbud memberikan KIP adalah untuk meningkatkan akses pendidikan bagi anak usia 6 sampai dengan 21 tahun serta mencegah peserta didik dari kemungkinan putus sekolah (drop out) atau tidak melanjutkan pendidikan akibat kesulitan ekonomi.

(pur)

Berita Terkait

Kemenag Bojonegoro Pastikan Kegiatan Belajar Mengajar di Madrasah Berjalan Normal
Kadal Ireng Bagikan 350 Takjil ke Masyarakat
Rayakan Annyversary ke 75, Persibo Dapat Hadiah Armada Bus Dari Sedulur Pitu
Pengajuan Penetapan Nama Pada Ijazah Muk’awanah Tak Penuhi Norma Hukum Administrasi Kependudukan : Pengadilan Harusnya Menolak
Sikapi Pencoretan Caleg, DPC PPP Laporkan KPUD dan Bawaslu Kab. Bojonegoro ke DKPP
PPP Maksimalkan Peran Saksi di Setiap TPS
Menangkan Pemilu 2024 DPC PPP Masivkan Konsolidasi, Sosialisai ke Kader di Tingkat Kecamatan dan Desa
Jum’at Hari Ini Bawaslu Gelar Sidang Pelanggaran Administrasi Pelaporan Anwar Sholeh