oleh

Siswa SDLB Perlu Ketrampilan Beda

Netizensatu – Pola pendidikan bagi siswa SDLB (Sekolah Dasar Luar Biasa) harus berbeda dengan pola pendidikan siswa normal pada umumnya. Lantaran memang secara fisik, para siswanya memiliki kelainan sejak lahir.

Untuk itulah, bagi SDLB di Desa/Kec Baureno, Bojonegoro. Lebih mengedepankan pendidikan dalam bentuk ketrampilan khusus. Yang disesuaikan pada masing-masing kemampuan anak didiknya.

“Di sini, para siswa diajari ketrampilan menjahit juga. Selain program dan kurikulum SDLB secara nasional itu,” tutur Tri Ayu Suryani, salah seorang guru tatkala ditemui NetizenSatu (22/3).

Dijelaskan, tambahan pelajaran ketrampilan menjahit ini, dilaksanakan pada seluruh siswa kelas 1 hingga kelas 5. “Tiap hari selalu diberikan pelajaran menjahit itu,” katanya.

Diharapkan, para siswa SDLB Baureno, pada akhirnya nanti memiliki ketrampilan menjahit yang mumpuni. Sehingga dapat digunakan untuk menjunjang pendapatan dalam kehidupannya kelak.

Memang diakui oleh Tri Ayu Suryani, mengajari anak-anak yang memiliki keterbatasan khusus, sangat berbeda sekali. Selain diperlukan tingkat kesabaran yang tinggi. Juga sangat dibutuhkan perasaan kasih sayang yang lebih.

(Red/Jun/Tam)